Senin, 14 November 2011

 

Walaupun buku ini cukup lama diterbitkan namun tema yang dibahas di dalamnya menurut saya masih relevan untuk diangkat yaitu masalah di sekitar mendengarkan. Sebagai pancingan terhadap audiens pasar dengan diterbitkannya buku ini yaitu para manager, maka tulisan di belakang buku ini menyebutkan bahwa menurut penelitian mutahir, 250 manager dari 500 perusahaan yang maju tidak dapat digolongkan sebagai pendengar yang efektif. Alangkah jauh lebih maju perusahaan itu biar para menager itu menjadi pendengar yang efektif.

Menjadi pendengar yang efektif itulah yang ingin diangkat oleh Warren H. Reed

Kedengarannya sepertinya mudah. Apa sih susahnya mendengarkan orang lain bicara. Tapi dalam kehidupan sehari-hari, betapa aktifitas mendengarkan secara positif itu ternyata membutuhkan latihan. Hem. Latihan. Latihan apa? Latihan menepis informasi dan ide-ide yang tidak dikehendaki dan tidak relevan, sehingga latihan memahami atau mencerna hal-hal yang penting dan berfaidah. Di sinilah peran manager dalam memproses informasi yang diterimanya. 



Walaupun Warren H. Reed mengingatkan, jangan sampai manager hanya menjadi kontrolir semua masukan. Buku ini akan memberi masukan kepada pembacanya mengenai sesuatu yang sangat penting dan diperlukan dalam dunia bisnis yaitu meraih hasil melalui komunikasi yang baik. Dalam hal ini satu tindakan penting perlu dilakukan adalah mendengarkan secara positif.

Mengutip analisa dan perkiraan para ahli yang menyebutkan bahwa para manager mengisi hampir 50% hari kerjanya dengan mendengarkan. Jumlah itu hampir sama dengan jumlah dari waktu yang dihabiskan para manager untuk berbicara, menulis dan membaca. Karena itu aktifitas mendengarkan ini penting juga untuk menjadi perhatian, dan buku ini ingin menjelaskan bagaimana mendengarkan secara positif sehingga menolong para manager untuk mempraktekkannya.



Judul                : Mendengarkan Secara Positif: Cara Mendengarkan yang Sebenarnya Diucapkan Orang Lain kepada Anda
Penulis             : Warren H. Reed
Penerbit           : PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta 1992
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates