Jumat, 06 Desember 2019

loading...
Sampai saat ini memang belum ada sekolah yang bernama sekolah khusus orang tua, terutama di dalam memberi pendidikan kepada anak. Dan dalam kenyataan sering kali kita dalam mendidik anak itu berdasarkan apa yang pernah kita alami di dalam keluarga kita. Walaupun tidak semua demikian, khususnya bagi mereka para orang tua yang sudah menyadari perlu adanya perubahan cara mendidik anak-anak kita dengan mengubah cara yang diperlakukan orang tua kita dahulu.

Sementara kalau kita melihat anak-anak kita sangat luar biasa di dalam menghadapi jaman yang semakin hari semakin tidak menguntungkan bagi anak-anak kita khususnya dari sisi negatif perkembangan jaman ini. Tantangan yang dihadapi anak-anak kita itu sungguh miris di mana kekerasan, seks bebas, sinisme, kekacauan moral menjadi sesuatu yang sering mereka dengar dan saksikan melalui berbagai cara. Berbagai media telah menawarkan hal tersebut.
Sementara banyak dari kita orang tua yang karena tuntutan kehidupan seringkali tidak memiliki kesempatan untuk mendidik mereka, memberi perhatian lebih kepada mereka, akibatnya ada jarak yang jauh antara anak-anak kita dengan dengan kita sebagai orang tua.

Nah, buku ini mungkin baik untuk dibaca sebagai referensi untuk menanamkan nilai-nilai priritual kepada anak-anak kita. Karena buku ini telah menawarkan spiritualitas sehari-hari yang dapat menumbuhsuburkan jiwa anak-anak kita. Jadi buku ini akan memberikan banyak pengertian dan menolong pembaca bagaimana kita merawat spiritual sang anak dengan cara bagaimana kita bisa menghadirkan Tuhan di dalam setiap sisi-sisi kehidupan kita sehari-hari, sehingga anak-anak kita bisa melihat sisi spiritual itu sendiri melalui kita sebagai orang tua.

Sepuluh prinsip yang ditawarkan oleh Mimi Doe & Marsha Walch untuk menghadirkan spiritual anak-anak kita itu meliputi:
1. Bagaimana kita bisa menghadirkan bahwa sebenarnya Tuhan memperhatikan kita, dan tentu ini ada hubungannya dengan menciptakan hubungan dengan Tuhan yang bisa dilakukan di dalam keseharian kita.
2. Menunjukkan bahwa kehidupan kita ini memang satu dengan yang lain itu saling berhubungan, maka jalinlah hubungan itu di dalam kehidupan sehari-hari dengan siapapun.
3. Bagaimana kita menghargai anak-anak kita dengan memperhatikan dan mendengarkan apa yang menjadi kata hati dan keinginan mereka.
4. Mempergunakan kata-kata dengan hati-hati, dan menggunakan kata-kata itu dengan sebaik-baiknya. Artinya di sini juga bagaimana kita bisa mengajarkan anak-anak kita melalui kehidupan kita dengan kata-kata yang baik.
5. Berikan harapan, dorongan, impian, keinginan kepada anak-anak kita, atau kalau kita melihat secara negatif, jangan patahkan semangat anak-anak kita.
6. Di dalam kehidupan sehari-hari berjalan seperti biasa. Nah, hal yang seperti biasa itulah kita mencari cara bagaimana yang biasa menjadi luar biasa. Seperti ulang tahun, atau upacara keluarga, jadikan yang biasa itu menjadi luar biasa.
7. Buanglah prinsip kaku di dalam keluarga, dan sebaliknya bersikaplah luwes.
8. Ciptakan setiap hal dengan positif yang bisa dibangun di dalam keluarga kita.
9. Lepaskan hal-hal yang bersifat menekan di dalam kehidupan keluarga kita, dan buku ini memberikan solusi-solusi dalam hal tersebut.
10. Jadikanlah setiap hari sebagai awal yang baru.

Jadi, tepat sekali bila di halaman awal buku ini menyebutkan; “Anda tengah memasuki wilayah baru. Anda beruntung membeli buku ini. Anda akan menemukan hal-hal yang tak terduga. Bacalah. Pahamilah dan praktikkanlah. Anda akan menjadi manusia baru untuk jaman yang akan datang.

Judul         : 10 Prinsip Spiritual Parenting
Pengarang : Mimi Doe & Marsha Walch
Penerbit     : Penerbit Kaifa, Bandung
Tahun         : 2001
ISBN          : 979-9452-18-x

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates