Kamis, 19 Desember 2019

Buku Let’s Speak English ini merupakan kursus dasar secara khusus ditujukan bagi mereka yang sudah dewasa tapi baru mulai belajar bahasa Inggris. Dan tentu saja cara penyajiannya disesuaikan dengan kelompok tersebut. Ada 100 pelajaran yang dibagi menjadi 2 buku.

Buku ini menjadi buku praktis untuk dipelajari, karena setiap pelajaran ditampilkan bahasan tertentu, dan setiap bahasan ditampilkan percakapan praktis mengenai bahasan yang dimaksud. Tidak lupa yang membuat buku ini menjadi lengkap adalah audio dan paket tersebut pernah disiarkan melalui RRI. 

Kegagalan belajar bahasa Inggris kebanyakan karena:
1. Orang belajar dari awal sudah berpikir sulit mengenai belajar bahasa Inggris. Akibatnya setiap memulai belajar sudah malas duluan. 

2. Karena masa lalu. Terus terang saya merasa kesulitan belajar bahasa Inggris karena masa lalu. Apa masa lalu itu? Masa lalu ketika belajar bahasa Inggris, karena gurunya yang galak, cara mengajar yang tidak bersahabat, stress karena harus menghafal, dan bahkan saya punya pengalaman saya harus menghafal kata kerja tak beraturan di depan kelas. Dan itu membuat stress. Makanya sampai sekarang bahasa Inggrisnya cekak, pas-pasan, kalau tidak mau dibilang memang tidak ngerti.

3. Menghafal teori-teori seperti menghafal rumus-rumus fisika. Akibatnya orang enggan. Ini bukan berarti orang mau mengerti bahasa itu bisa santai-santai saja. Bukan itu yang dimaksud, tetapi karena teorinya terlebih dahulu yang ditonjolkan, akhirnya orang sudah kaget duluan. Nah, buku ini bisa menolong kita, karena materinya gampang, bersifat santai. Dan teori itu berjalan bersama dengan praktek.

4. Panas-panas tahi ayam. Istilah ini mungkin tepat karena ketika orang diperhadapkan dengan situasi di mana dia terpaksa menggunakan bahasa Inggris, seperti harus bertemu dengan tamu luar negeri, maka mau tidak mau dia merasa, “Wah, ternyata bahasa Inggris itu sangat penting.” Tapi begitu lama tidak bertemu dengan arang asing, mulai belajar bahasa Inggris itu menjadi prioritas nomer 100

Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa paket pelajaran bahasa Inggris ini dibagi menjadi 2 buku yaitu Buku I dari pelajaran 1-50 dan pelajaran II dari 51 sampai 100. Untuk bukunya, saya memiliki dua-duanya, tapi sayang saya sendiri hanya punya audionya di bagian pelajaran II. Sementara pelajaran I untuk audionya belum memiliki. Siapa tahu di antara pengunjung blog ini memiliki audinya untuk pelajaran I. Boleh dong dipinjamkan.

Judul         : BBC Let’s Speak English
Pengarang : Douc Case and John Milne
Penerbit     : PT Gramedia Pustaka Utama, 
Tahun        : Jakarta 2002
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates