Jumat, 06 Desember 2019

Hari ini tanggal 9 April sedang dilaksanakan Pemilihan Umum untuk pemilihan Legislatif atau wakil-wakil kita untuk menduduki jabatan yang mengemban anamant rakyat. Tentu saja ini merupakan bentuk dari terlaksananya demokrasi di negeri kita tercinta ini. Kita juga tentu akan menyaksikan hasil dari PEMILU legislatif hari ini dan hari-hari ke depan. Para pekerja survei penghitungan cepat sudah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk menyuguhkan penelitian mereka terhadap hasil Pemilu itu sendiri.

Memang kalau boleh dibilang, tahun-tahun ini (tahun ini dan tahun depan) di Indonesia sedang musim-musimnya kampanye yang kita bisa saksikan media electronik, cetak dan spanduk yang bertebaran di jalan-jalan dan kampanye manusia yang menggunakan berbagai nama, sepeda santai, jalan santai, pertemuan-pertemuan di ruang terbuka dan tertutup. Puncaknya untuk Pemilihan Umum tahun depan tentu akan semakin semarak. Dan itu merupakan salah satu agenda berjalannya demokrasi yang tumbuh cukup baik di negeri ini.

Berbicara pemilihan, entah itu pemilihan ketua RT, RW, Lurah, bupati, gubernur, sampai presiden itu tentu saja tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan demokrasi. Untuk kata ini tentulah bukan kata yang asing bagi kita, namun banyak orang juga yang mengetahui kata tersebut tapi maknanya kurang jelas, kabur dan malahan tidak tahu sama sekali. Karena bagaimanapun kata tersebut bukanlah ungkapan dari bahasa kita. Untuk sekedar mengutip apa yang ditulis dalam buku ini, demokrasi secara harfiahnya dapat dipahami dari asal-usulnya yaitu demos (rakyat) dan kratos (pemerintahan)

Istilah ini mengacu pada sistem pemerintahan di era Yunani yang disebut dengan domokratia. Namun secara terjemahan bebas adalah pemerintahan yang dijalankan oleh rakyat. Itu secara teori.
Secara praktek, demokrasi sebenarnya bisa terjadi di dalam pemerintahan tentunya, tapi juga di dalam keomunitas lebih kecil seperti pemilihan RT dan keomunitas-komunitas kecil lainnya. Nah, buku kecil ini sangat praktis dan mudah dicerna oleh karena penjelasan dan contoh-contohnya bisa dilihat dan dialami dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin kita tidak sadar telah melakukannya.

Makanya buku ini sangat penting untuk dibaca oleh semua kalangan karena memuat secara gampang di dalam belajar berdomokrasi di negeri yang sedang belajar dan terus belaja untuk hidup berdemokrasi ini. Beberapa hal akan dijelaskan dari buku saku ini yaitu pengertian demokrasi, hubungan antara rakyat dan negara, pengertian demokrasi langsung dan tidak langsung, juga dijelaskan alat-alat demokrasi, dan mengapa kita harus memilih demokrasi serta 

 Judul : Demos Kratos = Demokrasi: Panduan Bagi Pemula
Penulis : Moch. Nurhasim, Mashudi Soersalim
Penerbit : The Riped Institute dan Friedrich Ebert Stiftung, 2002
Kata Pengantar : J. Soedjati Djiwandono
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates