Jumat, 06 Desember 2019

loading...
Ah, apa pula maksud dari judul di atas? Apakah memang ada komunitas pemarah seperti komunitas-komunitas lainnya seperti komunitas sepeda tua, komunitas penyayang ular, komunitas pemelihara hewan liar dan sebagainya yang setiap hari Minggu selalu ditampilkan oleh Kompas? Lalu, kalau memang ada, di mana keberadaan komunitas pemarah itu, dan apa syarat-syaratnya masuk ke komunitas tersebut? Hah, jangan keterusan pertanyaannya. Tetapi yang pasti itulah tantangan awal ketika membaca buku karangan Tim LaHaye & Bob Phillips ini. “Apakah Anda seorang pemarah? Bergabunglah bersama kelab kami!” Demikianlah awal pengantar buku ini.

Benar bahwa amarah adalah emosi yang dimiliki oleh setiap manusia, sama dengan cinta dan benci. Makanya kalau Anda dan saya memiliki dan mengalaminya, kita tidak perlu gusar dan merasa diri sebagai orang yang sulit, karena yaitu tadi, kemarahan adalah masalah semua orang. Hanya saja kalau Anda san saya tidak menyadari ke mana kemarahan itu membawa kita, maksudnya kalau kemarahan itu dibiarkan lepas seperti anak panah yang melesat dan menuju ke arah yang salah, maka hasilnya akan buruk. Sebaliknya kalau kemarahan itu dibawa pergi menuju ke arah yang benar maka itulah yang kita kenal dengan kemarahan yang baik atau kemarahan yang sehat.

Buku ini menjelaskan sebuah kunci bagaimana kemarahan itu bisa dibawa menuju kepada arah yang benar tadi. Caranya adalah bagaimana kita bisa menyadari dari mana sebenarnya datangnya kemarahan yang menghinggapi kita itu? Mengetahu sejarah kemarahan itu akan menolong kita untuk mencari pertimbangan dengan sikap yang akan kita lakukan.

Tindakan berikutnya adalah bagaimana kita bisa menangani kemarahan yang muncul itu. Ini penting karena ada orang yang tidak mengakui kalau dirinya marah yang berakibat kemarahan itu sendiri tidak ditangani dan bahkan bisa menjadi membara.

Tentu saja apa yang diungkapkan di sini hanya sebagian kecil yang terungkap di buku ini. Selebihnya, kalau kita memang termasuk pemarah, mari dengan saya bergabung dengan Tim LaHaye & Bob Phillips untuk masuk kekomunitas orang-orang pemarah untuk menemukan kunci bagaimana menanganinya.

Judul          : Mengendalikan Amarah (Anger Is a Choice)
Penulis       : Tim LaHaye & Bob Phillips
Penerjemah: Wim Salampessy
Penerbit     : Professional Books, 1997

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates