Jumat, 06 Desember 2019

Membaca sebuah judul buku yang bertengger di sebuah toko buku di Surabaya, memaksa saya untuk merogoh kocek untuk membeli buku tersebut. Buku tersebut berjudul “Rahasia Kehidupan s*ks Para Paus”. Membaca judulnya saja saya beragnggapan judul itu terlalu bombastis yang sering saya saksikan pada judul-judul buku yang banyak dipajang di toko-toko buku, dengan tujuan untuk menarik minat pembeli. Namun setelah saya mulai membuka-buka isinya, halaman demi halaman saya beranggapan bahwa buku tersebut memng memberi gambaran yang sebenarnya dari judul bukunya. Penjelasan buku tersebut sangat gamblang dan saya turut mengelus dada. Kesimpulan awal setelah membaca buku tersebut saya akhirnya bisa memberi pernyataan bahwa Paus juga manusia.

Tapi yang menarik dari buku ini adalah bagaimana penulis buku ini Nigel Cawthorne menyuguhkan sisi lain paling rahasia dari kehidupan dari para Paus, pemimpin tertinggi Katolik di samping mengurus dan melayani umatnya. Tentu buku ini ingin mengungkap sisi kehidupan s*ks dari kehidupan pemimpin gereja dari jalur Katolik, karena tentu saja dalam aliran-aliran kekristenan lainnya tidak mengakui hirarki kepausan sebagai wakil Tuhan di bumi ini. Dan Nigel seperti mau mengkontraskan para Paus yang melakukan selibat itu dengan s*ks.

Penyelidikan mengenai kehidupan s*ks para Paus yang diungkap dalam buku ini memang terasa fu*gar dan boleh dibilang menguliti sisi paling rahasia dari kehidupan para Paus itu sendiri. Kedekatan dan kekuasaan para Paus dengan negara memang telah menjadi pemicunya seperti yang diceritakan dalam buku ini. Makanya saya setuju dengan tulisan Henry Kissinger yang dikutip di cover belakang buku ini yang mengatakan, “Kekuasaan adalah obat kuat sesungguhnya.”
Kalau kemudian Nigel berani mengungkapkan dan dituang dalam buku ini tentu merupakan tindakan yang berani, mengagetkan, memerahkan telinga,menyengkelkan atau bahkan menggembirakan. 

Walaupun di buku tersebut disebutkan bahwa buku ini lebih banyak menyenangkan pembaca ketimbang menyinggungnya. Makanya buku yang menjadi International Best-Seller ini dianggap sebagai “Sebuah buku ekspos yang sangat berani,” demikian tulisan di The Sunday Times.
Namun sebagai sebuah buku yang melihat sisi lain kehidupan sosok Paus ini tentu akhirnya kita hanya berkesimpulan “Ternyata Paus itu juga manusia yang bisa jadi dalam tindak-tanduknya mengalami kealfaan, sekalipun ia sendiri memegang tampuk pimpinan tertinggi dalam keagamaan dalam hal ini Katolik.


Judul        : Rahasia Kehidupan s*ks Para Paus (S*x Live of the Popes)
Pengarang : Nigel Cawthorne
Penerbit     : Alas Jogjakarta, 2007
ISBN         : 979-5978-84-5
Statment    : “Tidak ada yang begitu kuat menjatuhkan jiwa seorang laki-laki melebihi belaian perempuan.” St. Agustinus


Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates