Jumat, 13 Desember 2019

Sampai sekarang sebenarnya masih menjadi perdebatan mengenai pelajaran sex kepada anak-anak dan remaja apalagi bila pelajaran tersebut akan dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah. Bagi mereka yang tidak setuju dengan adanya memberikan pelajaran materi mengenai s*ks kepada anak-anak dan anak didik karena ditakutkan hal tersebut akan berdampak negatif kepada anak karena ditakutkan bahwa dengan menjelaskan masalah s*ks kepada anak itu justru akan menanamkan ide-ide masalah seks itu sendiri ke dalam pikiran anak yang masih polos. Kemudian diikuti dengan berbagai pertanyaan yang berkembang yaitu, apakah pelajaran itu sendiri atau penjelasan itu sendiri akan berarti memberi ijin untuk aktif secara s*ksual? Begitu juga, pertanyaan berikutnya adalah, apakah dengan memberikan penjelasan masalah s*ks kepada anak itu justru akan merangsang anak untuk mencoba untuk melakukan s*ks itu sendiri?

Sementara mereka yang setuju perlu diberikannya pengetahuan masalah seks itu kepada anak-anak dan remaja bahkan perlu dimasukkan ke dalam pelajaran kepada anak didik karena arus informasi mengenai s*ksitu sendiri sangat terbuka dan bahkan cenderung vulgar. Sehingga bila kita berusaha untuk menutup-nutupi mengenai s*ks itu sendiri, maka siapa yang bisa menjamin anak-anak atau remaja tidak mencari informasi itu dari pihak lain yang bisa jadi akan justru menjerumuskan anak-anak itu sendiri karena mendapatkan informasi yang salah.

Namun lepas dari dua pandangan yang berbeda di atas buku yang saya tawarkan untuk Anda membaca dan menyimaknya ini merupakan buku yang menurut saya akan sangat bermanfaat untuk kita khususnya kita sebagai orang tua. Mengapa? Karena jangan sampai kita dibuat terkaget-kaget dan ibaratnya tiba-tiba kita mendapat serangan dadakan dari anak-anak kita yang sudah memasuki remaja atau ABG kita dengan pertanyaan-pertanyaan yang menghentakkan. 

Seperti halnya bagaimana kalau tiba-tiba remaja kita atau anak kita bertanya, “Apa itu berseng*ama?” Karena menurut salah satu tujuan dari buku ini adalah jangan sampai anak kita membuat kesalahan yang mungkin pernah kita perbuat berhubungan dengan masalah s****ks itu sendiri ketika masih muda dulu karena tertutup rapat-rapat karena dianggap tabu berbicara masalah seks itu sehingga kita seperti berjalan dalam gelap yang kalau salah akan terjerumus dalam rurang yang salah.
Namun buku ini akan menolong kita orang tua bagaimana kita bisa menjadi “pakar” yang dapat diandalkan oleh anak-anak kita ketika mereka membutuhkan jawaban dari berbagai pertanyaan yang bisa saja muncul sewaktu-waktu dalam diri anak. Dan tujuannya dengan penjelasan kita bisa kita sampaikan bisa menjadi dasar bagaimana remaja dan anak-anak kita mengambil keputusan yang positif berhubungan dengan masalah s*ks itu sendiri.

Memang tentu saja walaupun buku ini menurut saya lebih kepada konteks masyarakat Amerika ketimbang kepada masyarakat Indonesia yang pasti lebih kompleks persoalannya karena memang secara budaya kita sangat berbeda. Namun setidak-tidaknya buku ini bisa menjadi panduan yang cukup bagus untuk disimak dan menurut penulis, memang ini berhubungan dengan bagaimana menyesuaikan diri dengan kebutuhan anak itu sediri, lalu apa saja yang menjadi nilai-nilai yang diyakini yang ada di dalam keluarga, serta bagaimana tingkat kenyamanan orang tua dalam memberi penjelasan kepada anak ABG kita. Tapi bila hal itu sudah dimulai maka lama-kelamaan semuanya akan lebih mudah.

Jadi buku ini bisa menjadi informasi sebagai sebuah pegangan, strategi, kiat dan ide di sekitar apa yang harus dilakukan dan diungkapkan guna menjawab pertanyaan remaja kita. Dalam hal ini buku setebal 242 halaman ini memang dirasa penting karena di dalamnya banyak mengungkap bagaimana kita membuka hubungan dan berbicara kepada anak-anak remaja kita. Itu yang dijelaskan daam Bab Pertama

Lalu Bagian II berbagai masalah yang perlu diketahui dan dibicarakan berkenaan dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah s*ksual dan alat-alat repro**uksi seperti  hormon, pay*dara, kli*oris, alat kela*in, selaput dara, va*ina, menst*uasi, ere*si, eja*ulasi, se*en dan juga masalah-masalah lain yang ternyata sangat banyak hal yang perlu diketahui seperti s*ks oral, s*ks anal, kehamilan, infeksi menular se*sual, rang*angan, or*asme, e*otika dan begitu banyak hal yang dijelaskan dengan lengkap dari buku ini. Jadi menurut saya, buku ini perlu dimiliki oleh orang tua, walaupun kita mungkin merasa membicarakan s*ks itu tabu, tapi siapa tahu buku ini akan bermanfaat untuk kita baca sebagai bahan pegangan. Karena siapa tahu, tiba-tiba ada serangan mendadak dari anak remaja kita ketika mereka tiba-tiba bertanya di seputar masalah persoalan yang kita anggap tabu tadi.

Judul             : Bicara Soal Cinta, Pacaran, dan s*ks Kepada Remaja: Panduan Guru & Orang Tua
Pengarang     : Amy G. Miron, M. S. dan Charles D. Miron, Ph.D
Penerbit        : Esensi (Erlangga Group)
Tahun            : 2006
ISBN            : (13) 978-979-033-289-8
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates