Jumat, 06 Desember 2019

loading...
Mudah-mudahan pengunjung blog ini ketika membaca komentar buku yang satu ini tidak menjadi kaget, khususnya bagi mereka yang bolak-balik mengikuti seminar para motivator yang sering memberi penekanan bahwa sikap adalah segala-galanya. Soalnya buku ini mau mengatakan bahwa sikap adalah bukan segala-galanya.

Walaupun tentu saja John C. Maxwell, yang merupakan pakar kepemimpinan kaliber dunia ini, menambahkan hal tersebut bukan berarti menganggap bahwa sikap tidak berarti sama sekali, hanya saja jangan sampai orang menjadi terlena dengan pernyataan bahwa sikap adalah segala-galanya..
Sang penulis yang adalah salah satu daru dua puluh lima penulis yang disebut dalam peringatan 10 tahun Hall of Fame Amazon.com ini menjelaskan, orang yang memberi janji bahwa sikap adalah segala-galanya adalah kosong. Makanya kalau ada orang yang percaya dengan prinsip itu, percayalah, itu bukan menolong orang tersebut tetapi sebaliknya akan menyakitkan orang tersebut. Makanya dalam hal ini Maxwell tidak mau menyebut dirinya sebagai pembicara motivasi, walaupun ia sebagai penulis terlaris versi New York Time, Wall Street Journal dan Business Week, tetapi sebagai guru motivasi. Ah, apa bedanya dua kata itu? Inilah perbedannya menurut Maxwell, seorang pembicara motivasi membuat Anda merasa nyaman, tetapi keesokan harinya Andatidak yakin mengapa. Seorang guru motivasi juga membuat Anda nyaman, tetapi keesokan harinya Anda memiliki sesuatu yang benar-benar akan menolong Anda.

Makanya buku ini bukanlah ingin bermulut manis dengan mengatakan bahwa sikap adalah segala-galanya, tetapi ingin menunjukkan bahwa sikap kita itu adalah pembuat perbedaan dalam hidup kita. “Sikap yang benar tidak tidak dapat menjadikan Andasesuatu yang bukan Anda, tetapi sikap dapat memperbesar segala sesuatu yang Anda miliki dan segala sesuatu tentang Anda.”

Karena itu Maxwell ingin menolong pembacanya untuk mengerti dari mana datangnya sikap yang membentuk kehidupan kita itu, dan apa yang dapat dan tidak dapat sikap itu lakukan dan bagaimana sikap itu bisa menjadi asset dalam hidup kita dengan memilih sikap positif dalam hidup kita.
Ibaratnya kita mengikuti sebuah pertandingan, maka dalam mencapai tujuan itu sering muncul berbagai sikap yang negative yang menghalangi tujuan, dan kita harus menghadapi rintangan-rintangan tersebut. John C. Maxwell menjelaskan ada 5 sikap yang bisa menjadi penghalang yaitu keputusasaan, penolakan terhadap perubahan, masalah, ketakutan dan kegagalan.

Membaca buku ini memang menolong diri kita untuk memperbaiki diri kita sehingga memang benar bahwa buku ini bukan hanya memberi rasa nyaman, tetapi juga memberi pertolongan bagi pembacanya. Selamat menikmati buku ini. 

 Judul           : The Difference Maker
Penulis         : John C. Maxwell
Penerjemah : Dra. Rosiana Adinegoro
Penerbit       : Immanuel, Tahun 2007

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates