Sabtu, 21 Maret 2020

loading...

Virus Corona benar-benar mengambil perhatian banyak negara di dunia karena daya menularnya sangat ampuh melalui kebiasaan manusia yaitu berinteraksi antar sesama. Sekalipun virus ini bisa disembuhkan tapi juga sangat ditakuti karena Virus ini juga telah membunuh banyak orang terutama di kalangan usia lanjut. Seperti disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO, bahwa 21,9 % meninggal dunia dari kalangan usia di atas 80 tahun, berbeda dengan tingkat kematian terhadap mereka yang berusia 10 hingga 39 tahun hanya 0,2 persen. Jadi karakteristik virus Corona ini rupanya lebih berbahaya bila menyasar usia lanjut. Lalu, kenapa usia lanjut lebih rentan menjadi korban? Disinyalir karena sistim kekebalan tubuhnya lebih lemah.

Berhubungan dengan hal tersebut seperti biasa web blog ini akan menyajikan sebuah tampilan mengenai sebuah buku menarik mengenai situasi manusia ketika memasuki usia lanjut. Buku yang akan diangkat berjudul Menyongsong Usia Lanjut dengan Bugar dan Bahagia, hasil karya dr. E. Oswari, DPH. Sementara yang dipercaya menerbitkan buku ini adalah Pustaka Sinar Harapan, Jakarta dengan tahun terbit 1997.

Walaupun boleh dibilang buku lawas, tapi manfaat sebuah buku memiliki sifat awet dan bahkan terasa selama tidak tergerus oleh perubahan jaman. Dan mengenai kesehatan manusia tentu saja sifatnya terus berputar di satu titik yaitu setiap manusia akan menjadi tua, bila umurnya mencapai panjang. Membaca buku ini memang membawa kita untuk kembali melihat ulang perubahan-perubahan apa yang sudah terjadi dalam hidup ini ketika usia sudah menua. Kalau pembaca masih muda dan tubuh masih merasa kokoh, badan masih selalu siap menghadapi kendala fisik, namun ada saatnya di mana tubuh ini tidak bisa berkompromi lagi dengan kegesitan. Rupanya umur seseorang  itu akan selalu bertambah dan tidak bisa dihalang-halangi oleh apapun, termasuk dengan berbagai usaha moderen. Makanya dr. Oswari seperti mempersiapkan kita dengan memberikan pengertian seluk beluk tubuh manusia lanjut. Ternyata, usia tubuh kita bakal tidak akan seperti ketika masih muda.

Buku ini menjadi cukup konfrehensif ketika melihat daftar isinya di mana dr. Oswari menjelaskan perkembangan keberadaan tubuh manusia untuk melihat perbedaan dengan usia lanjut. Makanya porsi pembahasan terhadap tubuh pada usia lanjut lebih banyak, dan hal isi sesuai dengan judul dari buku bagus ini. Sementara untuk pembanding penbulis hanya memberikan porsi satu bab saja yaitu bab pertama.

Selebihnya bab-bab berikut menyoroti berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh manusia lanjut dari kulit, soal hubungan suami-istri pada usia lanjut, juga bagaimana seharusnya pengaruh makanan dan kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan yang dibahas pada bab VI.  Tentu bagian ini akan  menjadi penting bila dihubungkan dengan kesiapan orang tua menghadapi virus Corona atau COVID-19 yang sedang marak di seluruh dunia.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia usia lanjut tentu saja diikuti oleh berbagai perubahan pola hidup di mana tubuh sudah tidak seperti waktu muda lagi yang selalu fit dan segar. Namun demikian buku ini juga memberikan solusi-solusi bagaimana manusia usia lanjut bisa mempertahankan kebugaran itu yang dibahas pada bab X. Selebihnya berbagai gangguan sakit akan dialami oleh mereka yang berumur lanjut dirunut satu per satu dalam bab XIV.

Buku ini tentu saja buku koleksi pribadi yang saya dapatkan dari toko online.

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates