Selasa, 26 Januari 2021

loading...

 

Judul  Buku   :Debian GNU/Linux

Pengarang    : Askari Azikin

Penerbit        : INFORMATIKA, Bandung

Tahun Terbit : 2011

Buku yang baru masuk ke ruang Redaksi adalah buku Tekhnik Informatika dan secara khusus buku yang membahas mengenai sebuah Distro Linux yang dianggap oleh penulis sebagai sistim operasi komputernya yaitu Linux Debian menjadi pilihannya untuk menolong semua pekerjaannya. Tentu saja dalam dunia Operating System OS, Linux menjadi OS yang patut digunakan karena selain gratis, di mana kita tidak perlu membeli lisensi seperti menggunakan Windows. Itupun hanya OS saja, belum lagi bila akan ditambah dengan jeroannya yaitu Officenya yang juga tidak gratis.

Bagi penulis yang memilih Distro Debian karena penulis menyadari bahwa bagi system administrator, (yaitu mereka yang bertanggungjawab dalam pemeliharaan jaringan komputer sebuah perusahaan di mana ia bertanggung jawab bukan hanya pada hardwere tapi juga softwerenya) sangat mengkhawatirkan ketika softwere yang dipakai itu mengalami rilis baru. Karena takut ada bagian-bagian yang gagal diupgrade. Nah, Debian rupanya bisa menjadi andalan untuk meminimalisir kekhawatiran tersebut karena Debian rupanya distro yang mengedepankan konsistensi dari sebuah paket sehingga proses upgrade itu berjalan dengan sempurna.


Dalam dunia OS, GNU/Linux memang memiliki banyak distro, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Distro Debian dianggap sebagai Linux yang sangat stabil, sehingga banyak orang yang memilih distro ini untuk dipasang di komputernya. Makanya buku ini memberikan wawasan bukan hanya mengenai Debian itu sendiri, tapi bagaimana Linux Debian ini tercipta dan dikembangkan.

Linux sendiri tidak lepas dari seorang Linus Torvalds seorang Finlandia. Ia mahasiswa ilmu komputer di University of Helsinki, Finland, yang membuat sistim operasi varian UNIX untuk digunakan di kopumpter pribadinya. Setelah berhasil merampungkan sistim operasi miliknya itu ia mengumumkan bahwa ada sistim operasi gratis beserta kode sumbernya. Dan rupanya hasil karyanya itu dilirik banyak orang termasuk perusahaan untuk mendukung Linux sebagai alternatif.

Buku setebal 626 halaman ini menyajikan berbagai pengetahuan mengenai Debian Linux. Dari instalasi dan berbagai hal yang sangat perlu diketahui untuk mereka yang tertarik untuk menggunakan Linux Debian ini. Dari pengetahuan dasar sampai yang jelimet diulas dalam buku yang memiliki 21 bab pembahasan ini. Juga di dalamnya dilengkapi dengan 1 keping DVD mengenai Linux Debian. Sebuah sisipan juga disematkan mengenai bagaimana membangun blog dengan Wordpress, Jomla dan Drupal.

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates