Selasa, 09 Februari 2021

loading...


Sengaja saya menggunakan huruf besar pada kata KITA dalam judul ini karena tentu kalau saya ingin mengangkat masalah menjelaskan seks kepada anak bagi KITA orang Indonesia rasanya masih berada dalam wilayah abu-abu. Kalau bisa kita sebagai orang tua 'menghindar' membicarakan seks kepada anak apapun bentuknya. Entah itu dalam bentuk langsung, di mana kita menjelaskan mengenai wilayah-wilayah 'tabu' maupun secara tidak langsung di mana pihak lain yang menjelaskan kepada anak. Semuanya masih 'tidak terlalu jelas' untuk dikonkritkan. Jujur harus diakui bahwa ketika berbicara masalah seks maka muncul berjibun pertanyaan, 

  • bagaimana bentuknya pengajaranannya
  • materinya apa
  • bagaimana menjelaskannya
  • dari mana memulainya
  • siapa yang bertanggung jawab menjelaskan
  • kapan yang tepat diajarkan

Akhirnya yang terjadi adalah, tidak sedikit yang apatis. Biarlah wilayah pendidikan seks untuk anak-anak kita kita lewati saja. Atau dihindari saja. Memang pihak yang mendukung adanya pendidikan seks bagi anak-anak sedari awal itu bukan berarti mengajarkan bagaimana proses melakukan hubungan layaknya suami dan istri. Namun masyarakat kita sudah kadung menutup rapat-rapat kotak informasi mengenai seks itu untuk diketahui oleh anak-anak. Artinya wilayah pendidikan seks dianggap tabu.

Memang harus diakui bahwa pendidikan seks bagi anak-anak memiliki tujuan yang baik bagi masa depan anak dalam perjalanan hidup mereka. Ada manfaat besar ketika pendidikan seks itu diajarkan dengan benar. Namun seringkali kata seks itu sendiri sudah menjadi momok yang menakutkan sehingga lebih memilih apatis saja ketika disodorkan mengenai pendidikan seks kepada anak. Nah, lepas dari kontradiksi antara setuju dengan yang apatis serta yang menentang mengenai pendidikan seks bagi anak, Redaksi idebuku.com mendapatkan sebuah buku dari penjual buku bekas.


Judul            : How and When to Tell Your Kids About Sex (Bagaimana dan kapan Memberitahu Anak Anda Mengenai Seks)

Pengarang   : Stanton L. & Brenna B. Jones

Penerbit       : Penerbit Momentum (Momentum Christian Literature), Surabaya

Tahun Terbit: November 2006 (Cetakan 2)

Halaman      : 450 halaman

Pesan yang bisa ditangkap dari penulis buku luar biasa dan berharga ini adalah pendidikan seks itu bukan hanya sekedar masalah penyediaan materi informasi, tapi yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana membentuk karakter anak secara sistimatis. Jadi dengan karakter itulah nantinya kita bisa mengetahui bagaimana respon siapa diri mereka ketika berhadapan langsung dengan masalah seks itu. Jadi pendidikan seks itu tidak berhenti kepada bagaimana menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas dan seks itu sendiri tapi bagaimana membentuk karakter anak untuk bisa menentukan dalam berpikir dan bertindak ketika mereka berhadapan langsung dengan persoalan seks.

Nah, bila mengacu kepada situasi saat ini di mana anak-anak jaman ini semudah mendapatkan pisang goreng untuk mendapatkan informasi seks dari berbagai sumber termasuk media internet. Karena bagaimanapun anak-anak kita sekarang ini hidup di mana obsesi mengenai seks itu begitu tinggi. Dan hal tersebut mewarnai di segala bidang serta di segala wilayah. Film, acara-acara TV, iklan-iklan, video klip, berita di media online, majalah, buku dan sebagaimanya dan sebagainya. Nah, bila yang ditangkap anak-anak kita itu lebih kepada informasi yang destruktif dengan membentuk pola pikir yang keliru dalam soal seks itu sendiri, maka bisa jadi hal tersebut membentuk respon yang negatif juga.

Nah, buku yang luar biasa yang berbicara mengenai pendidikan seks yang berhenti pada bagaimana memberikan pendidikan seks itu kepada anak-anak, atau hanya stagnan materi yang paling baik apa yang lebih tepat diberikan kepada anak-anak, namun lebih dari pada itu bagaimana membangun karakter positif dalam diri anak, sehingga dengan sendirinya mereka melindungi diri mereka sendiri dari konsekwensi negatif dari penyalahgunaan seks secara negatif.

Jadi buku ini ingin mengajak kita sebagai orang tua, atau siapapun yang memiliki respek dengan masalah pendidikan seks terhadap anak untuk membentuk diri anak supaya belajar untuk bertanggung jawab dengan keputusannya sendiri termasuk ketika menghadapi hal-hal yang berhubungan dengan seks. Nah, sebagai buku yang lebih banyak mengambil sudut pandang Kristen sebagai dasar pembentukan etika dalam pendidikan seks terhadap anak ini berisi berbagai saran kepada orang tua dan menyajikan prinsip-prinsip penting bagi pendidikan seks terhadap anak. Buku yang sangat berharga untuk dimiliki dan dibaca.

 

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates