<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2021/02/bisakah-kita-memberitahu-anak-tentang.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/5436829611738890751/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://1.bp.blogspot.com/-nNkvYDxC58o/YCKmXeCIxpI/AAAAAAAAClo/-2akDvNcMesK9_QhBEryZZdSwy0L2nFSwCLcBGAsYHQ/s320/3698378483_e695023b06_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2021/02/bisakah-kita-memberitahu-anak-tentang.html' property='og:url'/> <meta content='Bisakah KITA Memberitahu Anak Tentang S*ks?' property='og:title'/> <meta content='Mencari Makna Hidup Lewat Buku Best Seller' property='og:description'/> <meta content='https://1.bp.blogspot.com/-nNkvYDxC58o/YCKmXeCIxpI/AAAAAAAAClo/-2akDvNcMesK9_QhBEryZZdSwy0L2nFSwCLcBGAsYHQ/w1200-h630-p-k-no-nu/3698378483_e695023b06_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Bisakah KITA Memberitahu Anak Tentang S*ks? - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Bisakah KITA Memberitahu Anak Tentang S*ks? - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Bisakah KITA Memberitahu Anak Tentang S*ks?


Sengaja saya menggunakan huruf besar pada kata KITA dalam judul ini karena tentu kalau saya ingin mengangkat masalah menjelaskan s*ks kepada anak bagi KITA orang Indonesia rasanya masih berada dalam wilayah abu-abu. Kalau bisa kita sebagai orang tua 'menghindar' membicarakan s*ks kepada anak apapun bentuknya. Entah itu dalam bentuk langsung, di mana kita menjelaskan mengenai wilayah-wilayah 'tabu' maupun secara tidak langsung di mana pihak lain yang menjelaskan kepada anak. 
 
Semuanya masih 'tidak terlalu jelas' untuk dikonkritkan. Jujur harus diakui bahwa ketika berbicara masalah s*ks maka muncul berjibun pertanyaan, 
  • bagaimana bentuknya pengajaranannya
  • materinya apa
  • bagaimana menjelaskannya
  • dari mana memulainya
  • siapa yang bertanggung jawab menjelaskan
  • kapan yang tepat diajarkan

Akhirnya yang terjadi adalah, tidak sedikit yang apatis. Biarlah wilayah pendidikan s*ks untuk anak-anak kita kita lewati saja. Atau dihindari saja. Memang pihak yang mendukung adanya pendidikan s*ks bagi anak-anak sedari awal itu bukan berarti mengajarkan bagaimana proses melakukan hubungan layaknya suami dan istri. Namun masyarakat kita sudah kadung menutup rapat-rapat kotak informasi mengenai s*ks itu untuk diketahui oleh anak-anak. Artinya wilayah pendidikan s*ks dianggap tabu.

Memang harus diakui bahwa pendidikan s*ks bagi anak-anak memiliki tujuan yang baik bagi masa depan anak dalam perjalanan hidup mereka. Ada manfaat besar ketika pendidikan seks itu diajarkan dengan benar. Namun seringkali kata s*ks itu sendiri sudah menjadi momok yang menakutkan sehingga lebih memilih apatis saja ketika disodorkan mengenai pendidikan s*ks kepada anak. 

Nah, lepas dari kontradiksi antara setuju dengan yang apatis serta yang menentang mengenai pendidikan s*ks bagi anak, Redaksi idebuku.com mendapatkan sebuah buku dari penjual buku bekas.


Judul            : How and When to Tell Your Kids About S*x (Bagaimana dan kapan Memberitahu Anak Anda Mengenai S*ks)

Pengarang   : Stanton L. & Brenna B. Jones

Penerbit       : Penerbit Momentum (Momentum Christian Literature), Surabaya

Tahun Terbit: November 2006 (Cetakan 2)

Halaman      : 450 halaman

Pesan yang bisa ditangkap dari penulis buku luar biasa dan berharga ini adalah pendidikan s*ks itu bukan hanya sekedar masalah penyediaan materi informasi, tapi yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana membentuk karakter anak secara sistimatis. Jadi dengan karakter itulah nantinya kita bisa mengetahui bagaimana respon siapa diri mereka ketika berhadapan langsung dengan masalah s*ks itu. 

Jadi pendidikan s*ks itu tidak berhenti kepada bagaimana menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas dan s*ks itu sendiri tapi bagaimana membentuk karakter anak untuk bisa menentukan dalam berpikir dan bertindak ketika mereka berhadapan langsung dengan persoalan s*ks.

Nah, bila mengacu kepada situasi saat ini di mana anak-anak jaman ini semudah mendapatkan pisang goreng untuk mendapatkan informasi s*ks dari berbagai sumber termasuk media internet. Karena bagaimanapun anak-anak kita sekarang ini hidup di mana obsesi mengenai s*ks itu begitu tinggi. Dan hal tersebut mewarnai di segala bidang serta di segala wilayah. Film, acara-acara TV, iklan-iklan, video klip, berita di media online, majalah, buku dan sebagaimanya dan sebagainya. 

Nah, bila yang ditangkap anak-anak kita itu lebih kepada informasi yang destruktif dengan membentuk pola pikir yang keliru dalam soal s*ks itu sendiri, maka bisa jadi hal tersebut membentuk respon yang negatif juga.

Nah, buku yang luar biasa yang berbicara mengenai pendidikan s*ks yang berhenti pada bagaimana memberikan pendidikan s*ks itu kepada anak-anak, atau hanya stagnan materi yang paling baik apa yang lebih tepat diberikan kepada anak-anak, namun lebih dari pada itu bagaimana membangun karakter positif dalam diri anak, sehingga dengan sendirinya mereka melindungi diri mereka sendiri dari konsekwensi negatif dari penyalahgunaan s*ks secara negatif.

Jadi buku ini ingin mengajak kita sebagai orang tua, atau siapapun yang memiliki respek dengan masalah pendidikan s*ks terhadap anak untuk membentuk diri anak supaya belajar untuk bertanggung jawab dengan keputusannya sendiri termasuk ketika menghadapi hal-hal yang berhubungan dengan s*ks. 

Nah, sebagai buku yang lebih banyak mengambil sudut pandang Kristen sebagai dasar pembentukan etika dalam pendidikan s*ks terhadap anak ini berisi berbagai saran kepada orang tua dan menyajikan prinsip-prinsip penting bagi pendidikan s*ks terhadap anak. Buku yang sangat berharga untuk dimiliki dan dibaca.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.