Selasa, 09 Februari 2021

loading...

 

Kalau sedang ramai pembicaraan mengenai mobil listrik dan energi yang diproduksi oleh Tesla Inc, yang dikenal ramah lingkungan digadang-gadang menjadi mobil masa depan yang diunggulkan. Bahkan mobil yang tidak murah itu kini sudah bisa melantai di jalanan ibukota. Tapi ternyata nama Tesla itu sendiri diambil dari nama seorang bapak ilmu fisika modern dan tekhnik kelistrikan bernama Nikola Tesla. Tokoh Penemu Nikola Tesla tersebut rupanya telah menginspirasi Larry Page pendiri Google saat dirinya berusia 12 tahun di saat ia membaca buku biografi Tesla. Harapan dan cita-citanya, dirinya bisa sekreatif Tesla dan melakukan hal-hal besar seperti tokoh yang dikaguminya itu. Makanya di kemudian hari tepatnya tahun 2006 lalu tidak heran bila produksi mobil sport produksi Tesla Motors Inc, electric uber-chic yang memasuki seri ketiga senilai US $40 juta pendanannya salah satunya datang dari pendiri Google Sergey Brin dan Lerry Page.

Nah, buku yang ada di tangan Redaksi idebuku.com hari ini memang lebih bercerita mengenai sejarah hidup dua pendiri Google yaitu Sergey Brin dan Lerry Page yang ditulis sangat detail oleh penulis buku best seller Janet Lowe. Dan membaca buku ini setidak-tidaknya memiliki gambaran sedikit bagaimana latar belakang para pencetus situs pencarian yang hampir mayoritas orang sudah begitu bergantung kepadanya yaitu Google. Tapi juga pola pikir, sikap, pengaruh, pandangan, cara mengelola, managemen pengelola situs pencarian tersebut yang begitu mengalir dirangkum dengan baik oleh penulis buku hebat ini.

Judul             : Google Speaks: Rahasia Pengusaha-Miliarder tersukses di Dunia, Sergey Brin dan Larry Page

Penulis          : Janet Lowe

Penerbit        : Metagraf, Creative Imprint of Tiga Serangkai, Solo

Tahun Terbit : Februari 2012

Halaman       : 317 halaman

Memang kehadiran Google mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Situs pencarian yang diawali oleh dua orang bertangan dingin ini benar-benar sangat terasa manfaatnya bagi kehidupan manusia. Situs yang menjadi perusahaan yang kokoh bertahan dalam situasi apapun termasuk ketika perekonomian dunia menurun. hal tersebut tentu saja karena antisipasi yang sudah dilakukan oleh Google dengan langkah-langkah brilian. Sehingga tidak mempan oleh terpaan apapun. Tapi bukan hanya itu, Google dengan segala inovasinya terus menghasilkan produk-produk yang mencengangkan.

Pada posisi puncak itulah Google telah mendapat banyak pujian karena perannya dalam banyak bidang bagi kemaslahatan umat manusia. Dengan tenaga-tenaga ahli dalam berbagai bidang Google seperti ingin menjawab semua keinginan manusia, sehingga keberadaanya dicari oleh banyak instansi, termasuk sekelas Pentagon yang memintanya untuk mengatur tekhnologi informasinya supaya lebih baik. 

Kiprahnya dalam momen-momen besar Google hadir dengan tujuan semuanya bisa berjalan dengan baik. termasuk bagaimana Google hadir ketika pemilihan presiden US sebagai pihak yang tidak memihak kepada kandidat tertentu seperti pada konvensi nasional baik di Partai Republik maupun Partai Demokrat. Walaupun tentu saja bukan semua pihak merasa senang, karena ada faktor-faktor lainnya seperti masalah keamanan beberapa pihak yang menuai suara-suara negatif. Tapi faktanya kepuasan para pengguna Google lebih dominan.

Nah, buku ini akan menjadi sangat bermanfaat bagi siapapun ketika kita bisa memetik pelajaran berharga dari perusahaan Google dan pikiran-pikiran yang melatarbelakangi orang-orang yang membangun dan mengembangkannya. Karena dari situlah buku ini bisa menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga. Tapi lebih dari itu kita akan menjadi tahu latar belakang kedua pendiri Google ini. Masa kecil dan cita-cita yang  menyertainya. Semuanya bisa didapatkan dari buku luar biasa ini.

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates