Selasa, 09 Maret 2021

loading...


Sebuah buku yang cukup menarik untuk ditelaah karena isi buku yang saya tawarkan ini akan memberikan panduan bagaimana melatih otak itu supaya kita bisa memiliki pikiran yang baik dalam hidup ini. Karena menurut buku ini, otak kita itu bersifat neuroplastis -- dapat berubah dan tumbuh kembali. Dan sel saraf baru yang muncul setiap hari dan bermanfaat bagi psikis kita. Sekarang kitalah yang menentukan bagaimana perkembangan dari perubahan otak yang terjadi saban hari itu. Perubahan itulah yang nantinya yang akan mempengaruhi semangat, jiwa dan bahkan raga kita selanjutnya. Karena semua tindakan kita saklarnya ada di pikiran yang berasal dari otak kita. Berita baiknya adalah buku ini akan menolong kita untuk membuat perubahan-perubahan kepada yang baik dari otak kita dengan tips dan saran-saran yang ada dalam buku ini.

Judul             : Switch on Your Brain (Aktifkan Otak Anda: Kunci Mencapai Puncak Kesenangan, Pemikiran, dan Kesehatan)

Penulis         : Dr. Caronile Leaf

Penerbit       : Light Publishing, Jakarta

Tahun          : Mei 2019

Halaman     : 222 halaman

Hidup adalah pilihan, termasuk kita mengatur otak yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. Kita bisa mengarahkan pikiran kita kepada apakah yang ingin kita arahkan. Apakah akan diarahkan kepada hal-hal buruk yang tentunya akan membawa dampak buruk juga terhadap kehidupan kita. Karena bagaimanapun pikiran itulah yang mengendalikan tingkah laku dan tindakan kita. Ketika kita akan melakukan korupsi maka otak dan pikiran kitalah yang memerintah untuk melakukannya. Saya tidak tahu apakah sebuah tindakan buruk apalagi sekelas pencurian itu dilakukan dengan tanpa disengaja, tapi dilakukan dengan ujug-ujug saja. Perintah otak yang menjadi sebuah pikiran dan diwujudkan dengan tindakan itu pada akhirnya bisa membentuk sebuah kebiasaan.

Namun sebaliknya kita bisa mengarahkan otak kita untuk bisa melakukan tindakan-tindakan yang baik dan pikiran yang sehat. Dan hal tersebut bisa dilatih setiap hari supaya otak dan pikiran kita membentuk pikiran dan otak yang sehat. Karena menurut penulis, pemikiran baru itu menumbuhkan jaringan di mana pada akhirnya kita bisa meningkatkan tingkat kecerdasan dan membawa kesembuhan pikir. Kata penulis, ia akan memberikan cara-cara bagaimana sebuah saklar dihidupkan supaya pikiran kita itu baik.

Cara kerjanya, (hal xx) otak merespon yang ada dalam pikiran dengan mengirimkan dorongan (stimulus) neorologis ke seluruh tubuh. Artinya pikiran dan emosi ditransformasi menjadi efek fisiologis dan spiritual, kemudian pengalaman fisiologis tersebut bertransformasi menjadi kondisi mental dan emosi.

Sebagai penulis Kristen, tentu saja apa yang diutarakan oleh penulis ini memberikan tips-tips dan saran-saran yang bisa dijadikan cara bagaimana membentuk jaringan-jaringan otak yang baru itu supaya akhirnya membentuk pikiran-pikiran yang baik berdasarkan petunjuk Alkitab. Buku ini memberikan pedoman yang bisa dipraktekkan dengan keteraturan yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan pikiran yang sehat.

Dengan mengambil waktu selama 21 hari penulis memberikan semacam perencanaan bimbingan pembentukan otak yang setiap harinya jaringannya terus bertumbuh. Ini semacam detox bagi otak selama 21 hari. Tentu saja tulisan-tulisan dan arahan praktis ini bukan sekedar dari sebuah teori yang diungkap dalam buku ini, tapi semua bentuk arahan itu berdasarkan hasil penelitian yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan kita sebagai pembaca. Apa yang menjadi saran itu bisa menjadi sebuah pembersihan cara-cara berpikir yang salah untuk bisa diubah sehingga kita memiliki pikiran-pikiran yang sehat. 

Sekali lagi apa yang dijelaskan dalam buku ini sangat praktis untuk dilakukan karena hal ini juga berdasarkan riset  di mana letihan-latihan yang bila diterapkan dengan baik dalam 21 hari setiap tahunnya akan menghasilkan perubahan pada cara berpikir yang bertahan lama. Anda mau mencoba? Ada baiknya membaca buku ini dan mempraktekkan dalam kehidupan kita.

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates