Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Istimewa


Bulan ramadhan menjadi bulan istimewa bagi kamu Muslim di muka bumi karena beberapa alasan. Di bulan ramadhan para mukmin merasa lebih dekat dengan khaliqnya. Beberapa keutamaan ramadhan sangat panjang untuk didaftar. Beberapa amalan khusus dilaksanakan yang hanya ada pada bulan yang dianggap penuh kemuliaan tersebut.

Beberapa amalan di bulan ramadhan ini bisa disebutkan seperti Umrah, bersedekah, i'tiqaaf di masjid dan sholat malam. Menariknya lagi adalah bila menelusuri dari makna ramadhan itu sendiri yang berasal dari akar kata ra-ma-dha, yang berarti panas yang menyengat atau kekeringan yang memberi gambaran bagaimana Bulan Ramadhan itu dalam konteks Tanah Arab yang menggunakan hitungan tahun berdasarkan bulan di mana bulan ramadhan selalu tepat pada masa-masa kekeringan di mana tenggorokan terasa panas kehausan. Makanya Bulan Ramadhan merupakan momen di mana mereka menata ulang dan memperbaharui kekuatan fisik, spiritual, dan tingkah lakunya.

Sebagai sebuah masyarakat di negeri yang mayoritas berpenduduk Muslim terbesar di dunia tentu Bulan Ramadhan sangat mudah ditandai dengan berbagai kegiatan yang berbeda dengan bulan-bulan lainynya. Dan dalam rangka itu pulalah buku yang diangkat oleh Redaksi dan diperkenalkan kepada pengunjung web blog ini berhubungan khusus dengan Bulan yang dianggap penuh dengan berkah. 

Buku yang ada pada Redaksi berjudul, Amaliyah Ramadhan dalam Pembahasan Al-Qur'an dan Sunnah. Buku ini dikarang oleh Prof. HM. Hasballah Thaib, MA, Ph.D  dan Dr. H. Zamakhsyari Hasballah, Lc, MA. Sementara penerbit buku ini dipercayakan kepada Penerbit Citapustaka Media Perintis, Bandung. Tahun cetak 2013.

Buku ini sarat dengan berbagai penjelasan dari ilmiah sampai kepada hal-hal yang bersifat praktis mengenai Bulan Ramadhan. Dari pemaparan mengenai Bulan Ramadhan itu sendiri  serta keutamaan bulan tersebut bagi umat Muslim. Juga mengulas bagaimana sejarah bulan penuh ampunan tersebut bagi kaum Muslimin.

Tapi tentu pokok penting dari buku ini adalah berbagai amalan yang dengan lengkap dijabarkan oleh penulis yang memang mumpuni dengan keilmuannya mengenai agama Islam. Seperti ibadah Puasa yang menjadi ibadah wajib tersebut dengan teliti diulas dengan lengkap, dari pengertian puasa itu sendiri, berbagai macam puasa, keutamaan puasa, tingkatan puasa, tujuan dari puasa itu sendiri sampai kepada adab dan ketentuan puasa ramadhan.

Tentu saja penulis juga menyertakan berbagai amalan yang berhubungan dengan berbagai macam ibadah yang dilakukan pada bulan ramadhan seperti Shalat Tarawih dan keutamaan sholat tersebut.

Bukan hanya itu penulis tampaknya ingin menjelaskan bagaimana keutamaan Bulan Ramadhan tersebut yang dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang bisa menambah amal ibadah yang khusus dilakukan pada bulan istimewa tersebut. Seperti banyak bersedekah, melakukan zakat dan tidak lupa dengan mengutamakan malam khusus yaitu Malam Lailatul Qadar dan bagaimana menemukan malam khusus tersebut.

Jadi buku ini akan menjadi sebuah buku penting bagi kaum Muslim dalam rangka memasuki bulan suci tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.