Mochtar Riady Si Manusia Ide


Kekayaan Mochtar Riady saat ini menempatkannya menjadi orang terkaya di Indonesia urutan ke 23 pada 2 Februari 2022 lalu fersi Majalah Forbes. Dengan kekayaan mencapai Rp. 25,8 Trilliun. Tapi siapa sangka konglomerat ini lahir sebagai orang yang sangat miskin sampai-sampai ia tidak berani untuk membayangkan apa yang akan terjadi hari esok.

Kalau saat ini Mochtar Riady menjalankan berbagai bisnisnya yang moncer dalam berbagai bidang di antaranya properti, ritel, kesehatan dan pendidikan semuanya berasal dari prinsip hidupnya yaitu bekerja dengan rajin dan rukun membuat hati tenang. Hidup hemat dan jujur membentuk watak mulia.

Pengalaman hidup yang membentuk Mochtar Riady tidak lepas juga dari keteladan dari keluarga di mana ia dilahirkan. Baginya keluarganya adalah pelita yang menerangi perjalanan hidupnya sehingga menjadi orang yang berguna dan bermakna serta bertanggung jawab terhadap keluarga , masyarakat serta bangsa dan negara.

Inilah sebagian isi buku dari Otobiografi Mochtar Riady dengan judul: Manusia Ide. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas, 2016. Sebuah buku yang layak untuk dikoleksi sebagai bacaan yang kaya akan makna dan sarat dengan prinsip-prinsip hidup yang dibawa oleh figur yang diungkap dalam buku ini menjadi manusia yang sukses.

Sebagai orang yang tidak terbiasa dengan mencatat buku harian mengenai kehidupannya. Belum lagi sang tokoh boleh dibilang memiliki kerendahan hati untuk tidak membukukan perjalanan hidupnya sendiri. Karena hanya dorongan beberapa koleganya saja akhirnya catatan hidup mengenai Mochtar Riady ini bisa dibukukan. buku ini menjadi buku spesial di mana kita bisa membaca perjalanan hidup seorang sukses yang ditulis oleh orang-orang 'terdekatnya'.

Sebagai tokoh yang banyak berkecimpung di bidang ekonomi, Mochtar Riady melihat setiap sudut kehidupan termasuk perjalanan bangsa Indonesia ini dengan kacamata perkembangan ekonomi Indonesia dari waktu ke waktu. Selain jug pengalaman penderitaan karena lahir dari keluarga yang tidak mampu membentuk Mochtar Riady menjadi orang yang tangguh menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Termasuk Mochtar Riady yang hidup pada empat jaman peperangan dunia. Masa anak-anak dan remaja masa-masa yang sangat sulit, penuh duka dan derita. Dan deretan peperangan menjadikan dirinya benar-benar berada dalam penderitaan. Makanya kenapa seorang Mochtar Riady benar-benar menyukai kedamaian. Karena ia sendiri mengalami bagaimana menderitanya jika seseorang berada di tengah-tengah peperangan. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.