Rahasia Bisa Diterima di Google Adsense


Akhirnya website blog  ini mendapat restu menjadi penghasil duit dengan google adsense. Selanjutnya memang harus menjaga supaya google adsense tidak membanned atau membatalkan setelah lolos menayangkan iklan mereka dalam bulan ini. Rahasianya adalah bagaimana website atau blog kita dikerjakan dengan konsisten dan penuh dengan kejujuran.

Google Adsense sendiri adalah program priklanan berbasis CPC (Cost per Click) yang diselenggarakan oleh Google yang memungkinkan setiap pemilik website dan blog bisa menayangkan iklan untuk mendapat bagian duit dari iklan yang ditayangkan. Sederhananya pemilik web menayangkan dan setiap pengunjung yang melihat iklan yang tayang tersebut maka kita akan mendapatkan dana.

Kalau sebagian orang merasakan sulitnya bisa lolos dan tembus diterima oleh Google Adsense untuk menayangkan iklan-iklan mereka memang ada benarnya. Soalnya mungkin sudah 10 kali web blog ini ditolak oleh adsense google. Beberapa alasan yang diberikan oleh pihak Google Adsense yang kebanyakan adalah web blog tidak memenuhi aturan yang berlaku.

Pernah frustasi juga sampai-sampai beralih menggunakan perusahaan periklanan lain yang lebih mudah untuk bisa diterima. Namun karena Google Adsense dianggap yang paling baik untuk saat ini maka 'balik kucing' akhirnya ditempuh juga.  Ditolak dan ditolak seperti menjadi langganan web blog ini, tapi akhirnya berhasil juga.

Salah satu buku yang memberi inspirasi diterimanya web blog ini menampilkan layanan iklan Google Adsense ini adalah Langkah Mudah Menguasai SEO Terbaru, karangan Feri Sulianta. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Andi, Yogyakarta, Tahun 2020.

Memang buku ini berisi bagaimana cara kerja SEO (Search Engine Optimization) yang baik yang memungkinkan sebuah website bisa mencapai nomor satu di pencaharian Google. Makanya di dalamnya prinsip-prinsip SEO dijelaskan seperti:

  1. Dasar-dasar SEO
  2. Pedoman dan standart Mesin Pencari
  3. Berbagai tekhnik SEO untuk menembus popularitas
  4. Perbendaharaan konten dan meterial online
  5. Implementasi SEO pada konten
  6. Trik popular di sosial media
  7. Melihat hasil tekhnik SEO & menilai rating

Tapi dari sisi mana hubungannya dengan lolosnya web menayangkan Google Adsense dari buku ini? Dari sisi konten yang selama ini dibangun. Penelusurannya begini:

  • Awalnya webblog ini sebenarnya memiliki konten lebih dari 140 artikel. Tapi akhirnya untuk memenuhi aturan di Google sekitar 45 artikel terpaksa dihapus. Kenapa? Karena ternyata 45 artikel adalah artikel yang pernah dipindah ke blog Wordpress. Admin kemudian membangun kembali webblog ini dan mengambil artikel tersebut untuk dipasang. Perkiraan penulis, 45 artikel tersebut mungkin dianggap duplikat artikel atau copy paste.
  • Perkiraan kedua adalah beberapa artikel yang memuat beberapa kata yang berhubungan dengan kata-kata yang berbau kotor seperti s*eks dan lain-lain. Makanya admin berusaha untuk mengubah kata-kata tersebut menjadi seperti s*eks tersebut.
  • Perkiraan ketiga adalah beberapa link yang ada di konten ternyata mengalami kerusakan sehingga tidak bisa diakses. Makanya admin berusaha untuk menghapus atau memperbaikinya.

Sebenarnya inspirasi dari buku ini berada di halaman 12 di mana untuk mencapai kepopuleran dengan prinsip menyediakan apa yang Google inginkan. Lalu apa yang Google inginkan?

  • Google ingin kejujuran dan bukan tipuan
  • Google ingin informasi yang berkualitas
  • Google ingin informasi yang memberikan pengetahuan dan solusi 
  • Google ingin informasi yang mampu menjadi pelengkap
Jadi, prinsip-prinsip itulah yang diusahakan oleh admin sebagai inspirasi dari buku menarik mengenai SEO ini. Selamat membaca!

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.