<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/11/usaha-yang-menjanjikan-di-desa.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/5725044893419585865/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAtwzV6vmjR4c8Fzh1AHe-BhqzqaduI9b42uCdhMrCuI3o2fkLoM5kjswxq0X7BG37uMd-mtHAPtO9T6eF2x83U0RIlSuksBcwAOmwzOoSIkW0wMYUKN5fao4LFHFmBiElDF56AhbyLRGO8vXDGnO_-xqIrAXO4IyRYacB9bQTZYd65Bj8EMyMLIhA/w267-h267/7111968947_70bdcbe817_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Cara Membuka Usaha di desa dengan Modal Irit' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/11/usaha-yang-menjanjikan-di-desa.html' property='og:url'/> <meta content='Usaha yang Menjanjikan di Desa' property='og:title'/> <meta content='Cara Membuka Usaha di desa dengan Modal Irit' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAtwzV6vmjR4c8Fzh1AHe-BhqzqaduI9b42uCdhMrCuI3o2fkLoM5kjswxq0X7BG37uMd-mtHAPtO9T6eF2x83U0RIlSuksBcwAOmwzOoSIkW0wMYUKN5fao4LFHFmBiElDF56AhbyLRGO8vXDGnO_-xqIrAXO4IyRYacB9bQTZYd65Bj8EMyMLIhA/w1200-h630-p-k-no-nu/7111968947_70bdcbe817_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Usaha yang Menjanjikan di Desa - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Usaha yang Menjanjikan di Desa - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Usaha yang Menjanjikan di Desa


Peluang usaha di desa terbuka bagi siapapun. Bahkan ada usaha yang menjanjikan di desa dengan modal kecil. Dengan ketekunan dan kesungguhan siapapun bisa berhasil membuka usaha di pedesaan.

Tindakan pertama adalah melihat karakter sebuah daerah terlebih dahulu dengan berbagai kesediaan SDA dan SDM yang ada sehingga kita bisa melihat peluang yang ada. Kemudian menentukan tujuan dari apa yang akan dilakukan. Tujuan itu bisa berjangka pendek dan berjangka panjang maka tentukan usaha yang akan dimulai.

Dengan melihat kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan di daerah di mana kita berada maka melihat menyeluruh tersebut akan memunculkan ide-ide bisnis atau usaha yang bisa dilakukan. Dengan melihat potensi yang ada di daerah pedesaan tersebut maka ide-ide itu akan segera muncul.

Ingat, ide bisnis hanya akan menjadi sebuah ide yang awan-awan jikalau tidak berusaha untuk diaplikasikan dalam bentuk rencana-rencana yang tersusun dengan baik. Bila perlu siapkan catatan untuk menampung semua ide-ide bisnis yang memungkinkan untuk dirumuskan dan dikerjakan.


Sebuah buku menarik bagi siapapun yang ingin membuka usaha di desa dengan modal kecil tapi menguntungkan. Judul buku: Cara Cepat Bikin Usaha di Desa: Panduan Praktis. Ditulis oleh Yudi Utomo, Mohammad Nadjib, Aziz Setyawijaya. Buku ini diterbitkan atas kerjasama Pusat Data dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi (BALILATFO) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bengkulu dan didukung oleh Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Republik Indonesia.

Bagi sebagian orang kalau membuka usaha supaya bisa sukses tempatnya di kota. Kota dianggap tempat yang ideal untuk membuka usaha karena peluangnya cukup banyak. Lalu menganggap di desa apa yang bisa dibuat. Apa yang diharapkan dari situasi yang ada di pedesaan yang sepi. Jangan salah, bahwa usaha bisa dilakukan di mana saja dan peluangnya sama yaitu terbuka bagi siapapun.

Ketimbang berbondong-bondong datang ke kota dengan tanpa ada tujuan dan keterampilan sesuai dengan dunia usaha yang ada di kota bisa jadi hanya akan menambah jumlah kemiskinan itu sendiri. Padahal membuka usaha di desa pun bila dikerjakan dengan baik dengan tujuan yang jelas peluang untuk hidup sukses dari usaha tersebut peluangnya sama.

Buku ini akan menolong setiap pembaca untuk mengatur dan menyiapkan hal-hal penting ketika akan memulai usaha di desa. Siapapun Anda bisa menjadi wirausahawan di desa dengan memikirkan dengan matang apa yang perlu dilakukan untuk memulai usaha tersebut. 

Terkadang orang merasa gelap untuk membuka usaha di desa, apakagi ketika tidak ada tujuan yang ingin dicapai dari apa yang akan dilakukan tersebut. Jikalau tujuan itu sudah di tangan maka untuk mencapai tujuan tersebut akan dicari berbagai ide-ide bisnis yang bisa ditangkap di sekitar di pedesaan. 

Misalkan, di desa di mana peternakan menjadi usaha harian bagi para petani di samping menggarap sawah. Setiap ternak menghasilkan banyak kotoran. Bila kotoran hewan tersebut hanya terbuang percuma, mengapa tidak diusahakan untuk membuat pupuk kandang dengan serius. Pengertian serius adalah dengan metode yang benar di mana hasilnya bisa dijual di daerah perkotaan. Tentu saja bukan hanya satu karung dua karung, tapi bila diproduksi cukup banyak, maka usaha kotoran ternak tersebut bisa menjanjikan juga,

Setelah menangkap ide-ide yang bisa dlakukan untuk menjalankan bisnis nantinya, langkah selanjutnya adalah membuat rencana-rencana yang matang dari apa yang akan kita lakukan tersebut. Kemudian memantapkan apa yang sedang direncanakan tersebut dengan model bisnis seperti apa yang akan dilakukan.

Prinsipnya, lakukan apa yang seharusnya dikerjakan untuk memulai usaha di desa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.