<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2023/03/siapakah-mahfud-md-yang-sering-muncul.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/6440464203307791874/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifN1iPT7YCnKQIsvQDpRyHqU3yHnS_nRyRBdDZL0g7cgh41rlQuSFeddbH56z5ENQDXFR03Az4N54EEnkMI3nKlYzPV0PXkRGxwKLTZ_nLaRv9OnM0htSSAwaXXByKkBgXxGpntsSpx3Rhd7iNYqkUBfaD1dpBL_5fJequbrE0fUNFQFnp6aEFyiAC/s320/Menko%20Polhukam%20Mahfud%20MD.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Tokoh Penting dengan Banyak Keahlian' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2023/03/siapakah-mahfud-md-yang-sering-muncul.html' property='og:url'/> <meta content='Siapakah Mahfud MD yang Sering Muncul di TV?' property='og:title'/> <meta content='Tokoh Penting dengan Banyak Keahlian' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifN1iPT7YCnKQIsvQDpRyHqU3yHnS_nRyRBdDZL0g7cgh41rlQuSFeddbH56z5ENQDXFR03Az4N54EEnkMI3nKlYzPV0PXkRGxwKLTZ_nLaRv9OnM0htSSAwaXXByKkBgXxGpntsSpx3Rhd7iNYqkUBfaD1dpBL_5fJequbrE0fUNFQFnp6aEFyiAC/w1200-h630-p-k-no-nu/Menko%20Polhukam%20Mahfud%20MD.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Siapakah Mahfud MD yang Sering Muncul di TV? - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Siapakah Mahfud MD yang Sering Muncul di TV? - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Siapakah Mahfud MD yang Sering Muncul di TV?


Siapa Mahfud MD yang setiap hari muncul di TV menjelaskan gonjang-ganjing di Kemenkeu khususnya di Dirjen Pajak dan Bea Cukai? Jabatan Mahfud MD sekarang menjadi Menko Polhukam di jajaran Kabinet Jokowi periode kedua.

Sebenarnya bukan kali ini saja Mahfud MD putra Madura ini menyampaikan komentar mengenai berbagai isu yang menjadi viral di masyarakat termasuk soal temuan aliran uang yang patut dicurigai di Kemenkeu. Sebelumnya misalnya dalam kasus Sambo ia tidak tinggal diam. Ia berkomentar untuk memenuhi keingintahuan masyarakat mengenai berbagai peristiwa. Tak pelak banyak orang yang memujinya tapi sekaligus membencinya dan bahkan mencurigainya sebagai cara untuk menaikkan elektabilitas menuju Tahun 2024 mendatang.

Ada lagi komentar dari mereka yang tidak setuju dengan tindakan Mahfud MD yang selalu berkomentar dengan banyak hal itu dengan menyebut terlalu nyinyir dan cerewet. Sebagai Menko Polhukam, orang yang kontra menanyakan kenapa semua urusan dikomentari? Dan Mahfud MD balik bertanya kepada mereka yang kontra, persoalan apa yang dianggap cawe-cawe di luar tugas Polhukam? 

Bagi Prof. Dr. Mahfud MD., ia tidak peduli. Ketika ditanya oleh Andy F. Noya dalam acara Kick Andy Double Check mengenai Mahfud MD yang mengementari segala urusan dan menjadi pembicaraan banyak orang di media sosial, ia menjawab dengan santai, kalau dirinya tau tapi tidak terlalu perduli. Bagi Mahfud, ia mengomentari banyak hal karena ia tau bila sebuah peristiwa tidak diangkat ke permukaan maka peristiwa itu sendiri bisa hangus dan menguap. Makanya perlu adanya dukungan publik untuk sesuatu yang benar.

Sebuah buku menarik yang berhubungan dengan tokoh Mahfud MD ini perlu mendapat perhatian. Buku tersebut berjudul: Biografi Mahfud MD Terus Mengalir. Ditulis oleh Rita Triana Budiarti. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Konstitusi Press (Konpress), Tahun 2013.

Membaca buku setebal xxxii + 614 halaman ini memang memberi banyak inspirasi bagaimana sebuah perjuangan dilakukan oleh tokoh yang sudah menempati berbagai jabatan strategis di negeri ini dari sejak kecil hingga menjadi 'orang'. Lahir dari keluarga dengan didikan keras dan konsisten dengan kehidupan yang selalu ingin tahu yang terus diburunya dengan cara belajar dan belajar. Sehingga Mahfud MD seperti meniti hidupnya sesuai dengan pakem atau kalau tidak mau dibilang tumbu oleh tutup secara positif.

Seperti halnya buku biografi pada umumnya, berbagai kisah tersaji dengan apik dalam buku ini. Baik itu susah, senang, sedih, gembira, sengsara bahkan lucu. Salah satu kisah kelucuan yang sempat dicatat oleh buku ini dari kehidupan seorang Mahfud MD, misalnya saja ketika baru meninggalkan tanah kelahirannya Madura dan akan menuntut ilmu ke Jogyakarta, ia malah nyasar ke Semarang karena tertipu oleh bus yang membawanya.

Ketertarikan kepada hukum dikisahkan dengan runtut dalam buku ini yang dimulai dengan terpukaunya Mahfud dengan dunia hukum karena di dalamnya ia menemukan prinsip bahwa hukum bisa menjamin ketertiban dan kedamaian. Apalagi ketika ia menggeluti dunia hukum itulah ia terkesima dengan banyak pengajar yang semakin menguatkan tekatnya untuk berkutat di ilmu hukum tersebut.

Dalam buku menarik ini kita bisa disuguhkan dengan runtut perjalanan Mahfud mendudukji berbagai jabatan penting yang pernah diembannya dengan berbagai lika-likunya. Dan sebagai orang NU tulen Mahfud MD tentu sangat dekat dengan beberapa tokoh NU seperti Gus Dur yang bahkan membawanya ke berbagai pengalaman di rimba perpolitikan di Indonesia. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.