<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2023/05/bertemu-orang-sulit-coba-lakukan-ini.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/2614980917860887586/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqVEQ3gDKh84R0qqoXzbOtKhRt95ICvaFE8FByYQEam8fCgDd15xsUK0Va1OzY3E0zreVbb992bCkPYGggC6TwVr5HDJy3SFL-NftNMDT6UjWYkM8wKCVD8Oj2HdO6SJokx2hD9M2E_3xG2OlXHX-o9CRrNF2xvvxcVT5WvZ7O3-2WihGTtYGHemK3/w237-h237/People%20Problem.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Menghadapi Orang Sulit dengan Cara Memahaminya' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2023/05/bertemu-orang-sulit-coba-lakukan-ini.html' property='og:url'/> <meta content='Bertemu Orang Sulit? Coba Lakukan Ini!' property='og:title'/> <meta content='Menghadapi Orang Sulit dengan Cara Memahaminya' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqVEQ3gDKh84R0qqoXzbOtKhRt95ICvaFE8FByYQEam8fCgDd15xsUK0Va1OzY3E0zreVbb992bCkPYGggC6TwVr5HDJy3SFL-NftNMDT6UjWYkM8wKCVD8Oj2HdO6SJokx2hD9M2E_3xG2OlXHX-o9CRrNF2xvvxcVT5WvZ7O3-2WihGTtYGHemK3/w1200-h630-p-k-no-nu/People%20Problem.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Bertemu Orang Sulit? Coba Lakukan Ini! - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Bertemu Orang Sulit? Coba Lakukan Ini! - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Bertemu Orang Sulit? Coba Lakukan Ini!


Di berbagai tempat kita bisa bertemu orang sulit yaitu orang yang sulit bekerjasama untuk menyelesaikan sebuah tanggung jawab. Perlu trik dan tips menghadapinya supaya kita bisa mendekati dan akhirnya bisa diajak bekerja bersama. Langkah pertama yang harus diambil adalah berusaha memahami penyebab ia menjadi 'orang sulit'.

Tapi mendefenisikan orang sulit sebenarnya tidak mudah, karena sebelum kita memberi label bahwa si dia orang sulit bisa saja kenyataannya dia melakukan satu aspek saja dari perilakunya yang menonjol dan hal tersebut telah mengganggu kita untuk mengajaknya bekerjasama. Perilaku orang yang kita anggap orang sulit biasanya akan mendatangkan konflik yang berkepanjangan. Konflik tersebut karena kita bisa jadi orang yang pemberi label dan akhirnya menjadi 'lawan' dan menganggapnya sebagai orang sulit.

Mengapa kita perlu menganalisa orang sulit itu? Karena di belakang sikapnya yang menjadikan dia orang sulit itu banyak hal. Dari latar belakang itulah dia bisa saja menciptakan pola-pola tertentu yang akhirnya mengganggu kita sehingga kita sulit untuk mengajaknya bekerja sama.

Dari sekian banyak buku yang membahas mengenai orang sulit yang kebetulan Redaksi idebuku.com perkenalkan dalam bagian ini adalah:

 


Judul Buku     : How People Tick: Trik Pintar Menghadapi Orang Sulit

Penulis           : Mike Leibling

Penerbit         : Penerbit Erlangga, Jakarta

Tahun Terbit   : 2007

Halaman        : viii + 180 hlm.

Buku ini menjadi menarik ketika membaca latar belakang penulisnya yang memang memiliki pengalaman dalam memberikan pembimbingan, pelatikan dan fasilitator dalam urusan "Bagaimana Bertahan Menghadapi Orang yang Tidak Anda Sukai." Artinya buku ini memang ditulis oleh ahlinya yang tentu akan memberikan tips dan trik bagaimana menghadapi orang sulit yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sedang punya masalah dengan urusan yang satu ini. Bukan hanya itu, ia juga mendirikan semacam Lembaga untuk membantu orang atau organisasi yang sedang menghadapi soal-soal 'sulit' tersebut.

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa orang sulit adalah orang yang selalu menimbulkan situasi sulit dan keadaan yang membuat tidak nyaman bagi orang lain. Tentu saja orang sulit tidak hanya memiliki satu tipe kepribadian saja, namun ia memiliki beberapa tipe kepribadian yang bisa menimbulkan konflik, stress bagi orang lain dan seterusnya. Buku ini menyebutkan banyak tipe-tipe yang kemungkinan muncul dalam tipe-tipe orang sulit tersebut.

Tapi kelebihan buku ini adalah bagaimana masing-masing tipe kepribadian yang muncul tersebut dianalisa oleh 'korban' dan dicari kemungkinan-kemungkinan penyebab ia mememiliki tipe 'orang sulit' tadi. Misalnya, orang yang punya kepribadian tidak percaya diri bisa menjadi rentan berwujud jadi orang sulit. Tapi bisa saja ia memang seorang introvert, penyendiri, pemalu, terlalu sensitif, mudah tersinggung, takut, tidak percaya diri, penghargaan diri yang rendah dan seterusnya.

Apa gunanya mengidentifikasi prilaku dan kepribadian 'orang sulit' tadi? Tujuannya adalah melakukan penanganan perilaku tadi. Karena kalau kita hanya berdasarkan kasus per kasus dari tindakan 'orang sulit' tadi bisa jadi itu akan menimbulkan ketidaknyamanan. Karena biasanya, kepribadian orang sulit itu muncul dadakan dan sudah pasti hal tersebut tidak dikehendaki oleh siapapun, bukan hanya oleh orang per orang.

Menariknya buku ini, dari setiap tipe dan sikap yang keluar dari kepribadian orang sulit tadi dijelaskan tips dan trik cara penanganannya secara langsung kepada orang yang bersangkutan. Berbagai masukan dijelaskan dalam buku ini yang menjadikan buku ini akan benar-benar memperkaya bagi pembacanya. Jadi coba lakukan masukan-masukan dari penulis buku ini, semoga tokcer!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.