Selasa, 28 Desember 2021

Peluang Usaha Paling Terbuka Tahun 2022

| Selasa, 28 Desember 2021


Keahlian apa saja yang diperlukan untuk mulai membuka usaha baru tahun ini? Peluang yang terbuka dan masih tersedia luas yaitu usaha bisnis kedai kopi. Bukan apa, kedai kopi tidak ada matinya. Tentu jualannya bukan ahanya kopi tapi ada makanan-makanan penyertanya. Lalu bagaimana anggaran biaya untuk membuka usaha baru ini? Semuanya diulas dengan semua perencanaan yang perlu dibuat untuk memulai usaha baru di tahun ini.

Peluang usaha ini terbuka luas dan bahkan bisa dilakukan secara rumahan. Kalau ada tambahan sedikit modal bisa mencari lokasi yang strategis di mana banyak keramaian orang. Dua puluh tahun terakhir ini bisnis kedai kopi tidak pernah ada matinya. Perkembangannya cenderung meningkat tajam. Hanya saja, yang perlu diingat sebelum memulai usaha kedai kopi dan penyertanya itu tidak boleh asal-asalan dan seadanya. 

Buku yang saya angkat ini merupakan buku panduan yang bisa menolong kita untuk memulai bisnis kedai kopi dan sandwich. Kenapa ada sandwich? Tentu karena buku ini ditulis oleh Jill Sutherland yang tentu konteksnya untuk masyarakat penyuka sandwich. Judul bukunya Berani Memulai & Menjalankan Bisnis kedai Sandwich dan Kopi. Buku ini diterbitkan oleh Tiga Kelana, Jakarta. Tahun Terbit 2010.



Tentu saja buku ini walaupun punya konteks luar, tapi sebenarnya langkah-langkahnya bisa diadaptasi ke usaha dalam negeri yang sedang digandrungi saat ini. Yaitu kedai kopi. Sebagai contoh, tidak jauh dari penulis ada kawasan yang dulunya merupakan persawahan sepi, dekat pemakaman umum yang bila dilewati malam hari menimbulkan was-was. Tapi kini, kawasan tersebut di sepanjang jalan berjejer kedai-kedai kopi yang selalu ramai setiap malam.

Bagaimana dengan modal yang kecil, bisakah memulai bisnis atau usaha ini? Mengapa tidak! Setiap usaha yang besar selalu dimulai dengan usaha yang kecil. Namun demikian, bukan berarti walaupun dengan usaha kecil, kita lalu melakukannya dengan asal-asalan. Tentunya tidak! Justru karena dengan modal kecil itulah kita bisa melakukannya dengan penuh perhitungan.

Dalam buku ini kita akan dipandu bagaimana mengembangkan kedai sandiwch dan kopi yang mulai kita bangun? Lalu, kita akan dipandu untuk membuat rencana-rencana matang dari bisnis prefesional. Bila dana kita memang besar, tentu kita bisa melakukan perekrutan karyawan dan mengatur karyawan. Juga tidak kalah penting adalah bagaimana mengelola keamanan di mana kita membuka kedai, serta faktor kesehatan dan kebersihan dari produk yang kita jual. Bahkan dalam buku ini akan dipandu bagaimana mencari tempat usaha yang strategis.

Jadi bagi siapapun yang telah mendaftar berbagai usaha yang bisa dilakukan pada tahun 2022 ini, mungkin ada baiknya usaha membuka kedai kopi bisa menjadi pilihan yang menarik. Karena selain usaha ini semakin hari semakin banyak peminat pembeli yang mengisi kedai-kedai yang sudah ada, tentu usaha ini tidak terlalu membutuhkan banyak biaya.

Apalagi bila kita bisa memilih barang-barang penyerta dari kopi, seperti sandwich, gorengan, makanan-makanan ringan dan seterusnya sesuai dengan dana yang dimiliki. Paling penting juga adalah bagaimana kita bisa berani memulai dan menjalankannya. Ini kunci awal untuk terbukanya usaha tahun-tahun mendatang.

//

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar