<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/09/yuk-belajar-menjadi-hacker.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/7592845480690860420/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7-wr_8f_cHFoo6qODyiRF6bOf_ZakHy_HRMZComa9D5pSVVEFBj8BSTVV8q78RIZsI_L-HOpkcwAuTr7KY8MCugLw33QsANfBQ8Ktwlcn_CZkdMxGHl7l-5RTfY2wqu2ShMXc3ECLP2VGQhFzKXFggSPF_6Kw1QTadyF_EAOMk5cpPkOEkF3GXDfx/s320/40492737110_f30f0ef782_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Buku Tentang Dunia Hacking ' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/09/yuk-belajar-menjadi-hacker.html' property='og:url'/> <meta content='Belajar Menjadi Hacker Handal' property='og:title'/> <meta content='Buku Tentang Dunia Hacking ' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7-wr_8f_cHFoo6qODyiRF6bOf_ZakHy_HRMZComa9D5pSVVEFBj8BSTVV8q78RIZsI_L-HOpkcwAuTr7KY8MCugLw33QsANfBQ8Ktwlcn_CZkdMxGHl7l-5RTfY2wqu2ShMXc3ECLP2VGQhFzKXFggSPF_6Kw1QTadyF_EAOMk5cpPkOEkF3GXDfx/w1200-h630-p-k-no-nu/40492737110_f30f0ef782_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Belajar Menjadi Hacker Handal - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Belajar Menjadi Hacker Handal - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Belajar Menjadi Hacker Handal


Bjorka menjadi perhatian publik tanah air setelah dianggap mendoxing beberapa pejabat RI dan mengungkapkan kepada publik. Beberapa pejabat publik seperti Anies Baswedan, Puan Maharani dan beberapa orang penting lainnya menjadi korbannya. Apakah Bjorka seorang Hacker?

Doxing adalah mengungkapkan informasi mengenai identitas seseorang kepada publik secara online. Identitas tersebut meliputi nama, alamat, tempat kerja, dan informasi pribadi lainnya. Tentu tindakan pengungkapan informasi pribadi tersebut tanpa seijin yang bersangkutan.

Bukan hanya itu Bjorka bahkan dianggap mengungkapkan beberapa data yang disebutkan sebagai data-data rahasia pemerintah yang diungkap ke umum salah satunya adalah surat untuk presiden RI. Walaupun hal tersebut dibantah. Kalau memang benar bahwa pengungkapan rahasia yang dilakukan oleh Bjorka tersebut terbukti tentu ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang hacker. 

Tentu saja motifnya bisa kita ketahui dari beberapa pernyataan yang disampaikan di media sosial (sebuah tindakan yang tidak biasa dilakukan oleh seorang hacker yang lazimnya akan selalu menyembunyikan identitasnya sebaik mungkin termasuk ke media sosial). Bjorka mengangkat dan menanggapi beberapa isu di antaranya adalah tuntutan mengenai pembunuh aktivis HAM Munir.

Usaha Penangkapan Hacker Bjorka

Seorang hacker yaitu orang yang memiliki ilmu hacking tentu saja bekerja di dalam sunyi dan senyap di balik layar. Ia akan melakukan unjuk kebolehan untuk membobol pertahanan sistem di bidang IT, atau malah sebaliknya akan berusaha untuk membuat sistem pertahanan supaya tidak dibobol oleh hacker lainnya.

Makanya hacker tidak bisa dilihat secara hitam dan putih sebagai orang yang bekerja di dunia hitam. Karena bagaimanapun ilmu hacking itu ibaratnya sebuah pisau yang bisa digunakan untuk hal-hal yang baik, tapi juga sebaliknya bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Artinya tergantung manusianya yang memiliki kelebihan dalam ilmu tersebut. Sehingga kita tidak perlu alergi untuk mempelajari teknik hacking.


Teknik hacking merupakan ilmu yang mengajarkan cara memasuki sistem orang atau pihak lain tentu secara ilegal dengan tujuan-tujuan tertentu. Sebuah buku yang ingin diperkenalkan kepada pembaca kali ini berhubungan dengan dunia hacking ini. Judul buku: Buku Pintar Teknik Hacking. Penulis Dedik Kurniawan & Java Creativity. Diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Tahun terbit 2013.

Kembali kepada ilmu hacking ini di mana tujuan seorang hacker tentu saja beragam tergantung akan digunakan untuk tujuan apa? Apakah tujuan tersebut sifatnya baik, atau malah sebaliknya. Tapi memangnya ilmu teknik haking itu bisa memiliki tujuan yang baik? Karena dari sisi memasuki sistim orang lain secara ilegal saja kan memiliki muatan tidak baik. Apalagi bila dilanjutkan dengan tujuan mempelajari sistim, mencari kelemahan sebuah sistim, merusak, bahkan menghancurkan sistim pertahanan keamanan pihak lain.

Jangan salah, buku ini ditulis tentu bukan dengan tujuan untuk hal-hal yang negatif seperti sejak awal niat penulis menerbitkan karyanya ini. Bukan untuk merusak dan menyalahgunakan ilmu yang diungkap dalam buku ini. Tapi justru dengan mempelajari ilmu hacking ini bisa digunakan untuk membuat sebuah sistim tidak mudah dibobol. Artinya teknik hacking digunakan untuk menjaga dan dipakai sebagai sebuah kewaspadaan dengan sistim yang digunakan supaya tidak mudah dihack oleh para hacker yang berniat merusak tadi.

Seperti yang diungkap oleh buku ini, di mana kita bisa mempelajari beberapa hal yang berhubungan dengan aktifitas seorang hacker. Yaitu bagaimana menjebol pasword zip, office, PDF, Deep Freeze, hingga pasword sebuah WIFI. Juga dijelaskan cara 1 menit membobol pasword administrator windows 7. Juga diungkap teknikhack Facebook, Twitter dan Email. Mengebom chat dan komentar di Facebook. Mengendalikan laptop lawan dengan Trojan. Menyerang website dengan Ddos. Juga dijelaskan beberapa teknik Sniffing, Arp Attack, Keylogger dan sebagainya.      

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.