Minggu, 26 April 2020


Mengawali menjelaskan buku menarik ini saya ingin mengutip apa yang tertulis di cover belakang buku yang ditulis oleh Rosemary Sookhdeo ini. 

Mengapa setiap tahun ada ribuan wanita, termasuk wanita Kristen, berpaling kepada Islam? Apakah yang menarik dari Islam dan apa yang dapat kita lakukan berkenaan dengan hal itu? Tapi supaya tidak salah sangka para pembaca, bahwa buku ini sebenarnya ditulis oleh orang Kristen dan bahkan penulisnya jebolan London Shool of Theology dan menyelesaikan paska-sarjananya di Oxford University. Dan jangan heran juga bahwa penulis wanita ini juga aktif dalam pelayanan Kristen, sehingga dia tahu karena memasuki jantung kehidupan para wanita Muslim. Hanya sekedar diketahui saja, bahwa buku ini saya beli secara online di sebuah tempat buku-buku bekas yang dijual secara online yang bertempat di Jakarta.

Dari introduksinya saja dari buku ini sebenarnya sudah bisa ditangkap bahwa penulis ternyata ingin mengungkapkan keresahan hatinya karena banyak kasus yang dijumpainya di mana tidak sedikit wanita yang tertarik untuk meninggalkan agama lamanya dan ingin beralih kepada Islam seperti yang diceritakannya ketika menyampaikan pembukaan bukunya ini di mana seorang gadis yang tertarik kepada laki-laki Muslim, padahal anak gadis tersebut aktifis gereja. Dan hal tersebut terjadi bukan hanya dari satu denominasi gereja saja. Penulis menyebutkan, ada yang dari The Brethren, Baptis, Anglican dan Evangelical. Saking seringnya ia mendengar kasus-kasus wanita beralih kepada Islam, sampai-sampai hal tersebut tidak mengejutkannya.
Beberapa hal yang berdasarkan pengalamannya di mana dia dan juga pengalaman suaminya yang seorang pembicara juga sering menemukan orang datang kepadanya hanya untuk bertanya, bagaimana caranya memeluk Islam. Penyebabnya macam-macam, bisa karena merasa gereja tidak dapat memberi solusi apa-apa dengan masalahnya dan sedang mencari kepuasan, serta Islam ingin dicobanya untuk mencari jawabannya. Sementara wanita lainnya adalah mereka yang menjadi janda karena kesepian. 

Walaupun secara keuangan mencukupi tapi karena merasa mungkin dengan mencari partner yaitu mereka dari pria Muslim. begitu juga banyak faktor lain yang terkadang di luar perkiraan. Mangkanya dalam sebuah konfrensi Kristen yang diikuti oleh sekitar 300 orang dari berbagai wilayah di Inggris ketika ditanya, menurut pengalaman apakah pernah bertemu dengan seseorang yang masuk Islam. 50% mereka mengetahuinya.

Menurut saya, buku ini bukan hanya sekedar informasi mengenai konversi agama khususnya yang dilakukan banyak wanita menjadi mualaf dunia atau menjadi Muslim, tapi lebih kepada bagaimana gereja punya tanggung jawab besar untuk memperhatikan umatnya. Bukan hanya soal bagaimana mereka meyakini keselamatan yang diyakininya, tapi lebih dari pada itu, wabagaimana merasa nyaman menjadi komunitas gerejanya, tenang menjadi bagian yang diakui dalam kelompok agamanya.

Makanya, kalau kembali ke bagian akhir dari buku yang ada di cover belakang buku setebal 138 halaman ini mengingatkan kepada siapa buku ini ditujukan. "Buku ini wajib dibaca semua orang tua, gembala dan pemimpin gereja, dan layak diberikan pada mereka yang akan menikahi Muslim atau akan memeluk Islam.
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates