Sabtu, 21 Maret 2020


Sebenarnya kebanyakan pasien yang meninggal karena Virus Corona atau COVID-19 itu bisa dibilang rendah. Menurut catatan WHO mereka yang terpapar virus Corona di dunia itu hanya 2-3% saja. Tapi itupun mereka yang meninggal bukan semata-mata karena terjangkit virus Corona, tapi penyakit-penyakit yang menyertainya seperti yang diungkapkan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia dr. Daeng M Fakih beberapa waktu lalu seperti yang dikutip oleh CNBC Indonesia. Penyakit-penyakit tersebut seperti gagal ginjal, diabetes dll. Nah, buku yang akan saya lihat kali ini menjadi menarik bagi kita karena sang penulis yaitu dokter yang sudah kita kenal yaitu Dr. Hendrawan Nadesul. Dengan tulisan anak judul yang cukup menantang yaitu Cerdas Menaklukkan Semua Penyakit Orang Sekarang.

Buku ini menjadi bacaan yang perlu dimiliki oleh kita yang sudah mulai perduli dengan kesehatan tubuh kita. Karena dalam buku ini dijelaskan dengan detail berbagai macam penyakit yang sering kita dengar diidap oleh manusia jaman sekarang. Apalagi dengan pola dan gaya hidup moderen seperti sekarang memang bukan tanpa akibat dari perilaku kita dalam hidup ini. Bisa jadi memang karena tuntutan jaman untuk punya perilaku, entah itu dalam pola makan, pola tidur, pola kerja, pola-pola yang lain mengakibatkan berbagai penyakit. Makanya cover belakang buku ini memberi catatan, ORANG SEKARANG PUNYA PENYAKITNYA SENDIRI.

Tulisan Dr. Hendrawan Nadesul ini menjadi sangat berharga karena dalam kenyataannya banyak orang tidak tahu bagaimana berbagai penyakit itu bisa dibatalkan oleh kita sendiri. Kata Dr. Hendrawan, peran dokter sebenarnya tidak besar membantu orang sehingga bisa jatuh sakit, tapi pengetahuan kitalah yang bisa menolong orang untuk tetap sehat. makanya ibaratnya, buku ini menjadi resep mudah dan sederhana supaya kita tetap sehat.



Sebuah kutipan yang menarik dari Lee Kuan Yew yang awalnya mengira kalau kesehatan itu datang dari Tuhan, bahkan ia beranggapan kalau dirinya mewarisi DNA panjang umur. Tapi menurut Lee, anggapn itu salah, karena untuk tetap sehat itu adalah pilihan, yaitu pilihan bagaimana kita benar memperlakukan tubuh dan bijak menaruh sikap terhadap tubuh. Buku setebal 358 halaman yang diterbitkan oleh Penerbit Buku KOMPAS ini membahas berbagai penyakit yang sudah sering kita dengar seperti stroke, darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung, asam urat, kencing batu, liver, sakit pinggang, batu empedu dan penyakit-penyakit lainnya.

Kalau boleh dibilang buku ini ibaratnya menjadi kamus bagi siapapun untuk bisa menghentikan berbagai penyakit itu datang dalam kehidupan kita. Detail buku ini memang memberi gambaran bagaimana cara kita hidup dengan benar supaya kita bisa terhindar dari penyakit tertentu. Misalnya saja penyakit herpes. Penjelasan mengenai penyakit ini sangat detail dari penyebabnya, sampai jenis-jenis herpes dan gejalanya.

Saya baru sadar bahwa herpes itu sendiri tidak bisa disembuhkan, karena walaupun kita sudah seperti sudah sehat, tapi virus herpes itu sendiri berada di dalam tubuh dan sulit untuk dibasmi. Dia hanya tidur dan bersempbunyi  di dalam saraf. Bagaimana dengan obat anti herpes? Obat itu hanya mempercepat penyembuhan dan agar tidak sering kambuh lagi. Jika daya tahan tubuh sedang menurun bisa saja virus tersebut akan bangkit lagi dan bahkan bisa menularkan bagi orang lain.

Jadi, buku ini akan besar manfaatnya bagi siapapun yang perduli dengan kesehatan. Kebetulan buku ini saya dapatkan di toko buku Gramedia yang menggelar buku murah, sehingga saya bisa membelinya hanya dengan Rp. 20.000.


Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates