Selasa, 26 Januari 2021

loading...


Sebelum adanya Alkitab elektronik disematkan di ponsel kita, maka Alkitab fisik menjadi andalan ketika kita datang beribadah. Saat pengkhotbah menyitir ayat-ayat Alkitab kita secara cekatan membukanya termasuk di kitab-kitab yang pasalnya pendek seperti Kitab Rut, Ratapan, Pengkhotbah dalam Perjanjian Lama. Sementara dalam Perjanjian Baru ada Kitab Yudas, Kitab Filemon yang terbilang tidak panjang dengan beberapa pasal. 


Kini, banyak orang yang bila datang beribadah bila sudah memiliki ponsel pintar yang di dalamnya sudah ada aplikasi Alkitab tidak repot membawa kitab fisik. Karena semuanya sudah tersedia dalam saku kita. Tinggal buka aplikasi, kemudian pilih kitab dan plus pasal serta ayatnya, secepat kilat kita sudah menemukannya. Termasuk kitab-kitab yang boleh dibilang sulit mencarinya karena isinya pendek. Bila kita tidak biasa mendengar kitab yang dimaksud, kita tinggal menulis di pencaharian, maka secepat kilat juga akan muncul kitab yang dimaksud. Hidup bertambah hari bertambah mudah, begitu kira-kira banyak orang berpikir.

Ketika migrasi dari kitab fisik ke kitab elektronik melanda, bukan hal mudah sebenarnya. Tidak banyak orang siap menghadapi perubahan tersebut. Makanya, pada awal-awalnya sering disinggung, pastor mengatakan, mari kita membuka HP kita bla, bla, bla. Atau juga datang kritik di mana dengan adanyak Alkitab elektronik, seperti kehilangan kesakralannya dari sebuah Kitab Suci. Walaupun pada akhirnya kehadiran Alkitab elektronik diterima oleh semua orang dan kita juga harus menghormati mereka yang masih mempertahankan Alkitab fisik sebagai andalannya.

Nah, buku yang masuk ke meja Redaksi Idebuku hari ini adalah sebuah Alkitab fisik yang bila dilihat dari sampul luar depan hanya ada logo penerbit yaitu Lembaga Alkitab Indonesia. Sementara di tengah antara sampul depan dan belakang tertulis IDEALLINE HOLY BIBLE: Compact Edition. NKJV New King James Versions. Sebuah lembaga yang selama ini sudah bekerja keras menyediakan berbagai jenis dan bentuk terjemahan Alkitab yang tentu sudah dirasakan oleh banyak orang Kristen di Indonesia. Dalam prakata yang disampaikan dalam terbitan tahun 2016 ini merupakan terbitan atas pesanan khusus CV ABBA. 

Isi dari Alkitab khusus ini adalah Alkitab dalam dwi bahasa secara lengkap yaitu Perjanjian Lama dan perjanjian Baru dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sementara dalam bahasa Inggris terjemahan yang digunakan adalah naskah the New King James Version 1982 by Thomas Nelson Inc. Tentu saja dalam prakata tersebut disampaikan, bisa jadi di dalamnya terjadi perbedaan antara dalam bahasa Inggris dan bahas Indonesia.

Ada beberapa kekhususan dari Alkitab yang cukup tebal dan harga sekitar 500 ribuan tersebut yaitu;

  • Tampilan  ucapan-ucapan Yesus dengan huruf berwarna merah untuk mempermudah pembaca mengetahui  dan menjadi lebih akrab dengan ucapan Yesus
  • pilihan jenis huruf dan tampilan tata letak yang mudah dibaca
  • Pengantar singkat  kelompok buku-buku tertentu
  • Daftar bacaan selama setahun
  • Memiliki konkordansi Alkitab
  • Peta Alkitab berwarna.

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates