<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/07/belajar-peka-terhadap-perkembangan-anak.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/342370889784051979/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioTKY7mqUQgF9ncDARatLtb8kxs9JFCx31oGsy29wfKGLq1M9RjoLVzuGaecZibxk-cxMY8zIH8v5kXJNp0tT8pGXXDgnSE-mtZJYjPYPd4brDh48Si8JP7ZslCAUUKX07VC43ovRM7sQqiQBj8ogwwTCaOlBnhWccvAECFikH77JE-6hcqLRxa6FS/s320/WhatsApp%20Image%202022-07-28%20at%201.56.10%20PM.jpeg' rel='image_src'/> <meta content='Ilmu Penting yang Tak Didapat dari Mata Pelajaran' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/07/belajar-peka-terhadap-perkembangan-anak.html' property='og:url'/> <meta content='Belajar Peka Terhadap Perkembangan Anak' property='og:title'/> <meta content='Ilmu Penting yang Tak Didapat dari Mata Pelajaran' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioTKY7mqUQgF9ncDARatLtb8kxs9JFCx31oGsy29wfKGLq1M9RjoLVzuGaecZibxk-cxMY8zIH8v5kXJNp0tT8pGXXDgnSE-mtZJYjPYPd4brDh48Si8JP7ZslCAUUKX07VC43ovRM7sQqiQBj8ogwwTCaOlBnhWccvAECFikH77JE-6hcqLRxa6FS/w1200-h630-p-k-no-nu/WhatsApp%20Image%202022-07-28%20at%201.56.10%20PM.jpeg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Belajar Peka Terhadap Perkembangan Anak - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Belajar Peka Terhadap Perkembangan Anak - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Belajar Peka Terhadap Perkembangan Anak


Kasus kematian anak terjadi karena depresi setelah dipaksa oleh teman-temannya melakukan perbuatan tak senonoh kepada kucing sambil direkam terjadi di Jawa Barat. Perundungan tersebut tidak dapat dianggap sepele. 

Bagi seorang anak mungkin menanggapinya biasa saja. Tapi bagi anak lain yang sedang depresi menjadi masalah yang berkelanjutan. Buku gratis yang ada hubungannya dengan pertumbuhan mental anak.

Tingkat respon anak terhadap sebuah masalah berbeda satu dengan lainnya. Ada yang memiliki tingkat kekuatan mental yang kuat dan sanggup menghadapi sebuah persoalan. Tapi setiap anak memiliki sikap berbeda dalam mengahadapi ujian mental yang datang dalam hidupnya. Makanya yang namanya bully atau perundungan, apapun bentuknya tidak boleh terjadi. 

Hal ini tentu harus ditanamkan dalam setiap anak didik, bahwa perlakuan terhadap anak-anak lain teman-teman sebayanya tidak boleh berlebihan. Kalau hanya sebatas guyonan yang hanya sifatnya untuk keceriaan bersama tidak masalah. Tetapi bila menyangkut perundungan yang bersifat fisik dan bahkan mental seharusnya dihindari.

Di sisi lain peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Ingat bahwa dunia pendidikan di sekolah memiliki keterbatasan waktu. Dan pihak orang tua yang seharusnya memiliki tanggung jawab besar atas perkembangan anak itu sendiri.

Kalau kita meyakini bahwa abak adalah titipan Tuhan, maka di sinilah tanggung jawab orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Termasuk dalam pembentukan kesehatan mental anak. Hal lainnya adalah sebagai orang tua tidak bisa juga lepas tangan untuk melihat perkembangan anak itu sendiri dari hari ke sehari. Sangat penting sebagai orang tua peka terhadap perilaku dan tingkah laku anak ketika mengalami perubahan. Karena siapa tahu anak sedang mengalami depresi yang akut yang tidak dirasakan oleh orang tua.

Buku menarik yang mungkin bisa menjadi sebuah masukan bagi kita sebagai orang tua dalam melihat proses demi proses dari perkembangan anak. Tentu buku yang saya tawarkan ini bukan buku yang bersifat teoritis, dan penuh dengan istilah-istilah rumit, tapi dalam buku ini berkisah bagaimana proses depresi terhadap seorang anak itu berlangsung.

Judul buku (ebook gratis): Gelombang Lautan Jiwa: Sebuah Psikomemoar. Buku ditulis oleh Anta Samsara. Buku ini sebelumnya diterbitkan oleh Jejak Kata Kita, Yogyakarta. Tahun terbit 2010. Kemudian buku ini menjadi sebuah buku cetakan dan buku elektronik oleh Elex Media Komputindo, Jakarta, Tahun 2013 dengan judul True Story: Gelombang Lautan Jiwa. Dan sejak 6 Juni 2018 dipublikasikan dalam bentuk buku elektronik (ebook) dan dibagikan secara gratis oleh Jagad Jiwa. Anda bisa memesan buku ini secara langsung kepada penulisnya melalui e-mail ke anta.samsara@gmail.

Buku ini berbentuk kisah perjalanan seorang anak yang mengalami gangguan jiwa dalam bentuk depresi yang datangnya tidak ujug-ujug. Proses depresi yang dialami oleh tokoh penulis itu sendiri dialaminya ketika masuk di usia-usia remaja dan berlanjut hingga menjadi sebuah gangguan kejiwaan. Proses-proses yang dialaminya benar-benar sangat menegangkan dan disampaikan dengan penuh kejujuran.

Mengapa buku ini perlu mendapat perhatian siapapun khususnya bagi orang tua, karena dalam kisah di buku ini disampaikan bagaimana respon orang tua dan orang-orang yang ada di sekitarnya memandang sebuah perubahan penulis dengan berbagai penafsiran. Di guna-guna, perlu dilakukan hal-hal yang bersifat mistis dan seterusnya. Dan dalam proses-proses usaha penyembuhannya itu hampir tidak menampakkan hasil. 

Tentu saja berbagai usaha yang sifatnya mistis itu tentu sejalan dengan tingkat pengalaman dan pengetahuan sebelum-sebelumnya, di mana bisa terjadi keanehan, maka cara penyembuhannya juga dengan keanehan pula. Kisah penulis tentu sangat penting bagi pembaca untuk menarik banyak pelajaran bagaimana pentingnya kepekaan orang tua dan lingkungan dalam setiap perkembangan anak dalam sebuah komunitas.

Kisah buku ini juga menolong kita bagaimana tindakan seharusnya dilakukan ketika terjadi tanda-tanda yang menunjukkan adanya keanehan pada seorang anak. Sehingga bisa kita mengikuti secara utuh maka kita bisa mengambil pelajaran penting jika gangguan kejiwaan menimpa pada anak kita, bagaimana kita harus bersikap.

Buku Gratis Lain Mengenai Gangguan Jiwa DI SINI

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.