Selasa, 14 April 2020


Judul di atas merupakan kutipan langsung dari buku luar biasa ini dengan tebal halaman mencapai 516. Buku menarik yang satu ini diterbitkan oleh Penerbit Saufa, bekerjasama dengan IRCiSoD dan LKiS dengan cetakan pertama Tahun 2016.

Di saat-saat carut-marut persoalan bangsa yang berhubungan dengan menurunnya toleransi di anatara keberbedaan bangsa Indonesia, tidak sedikit orang akhirnya mencari penghiburan dari kegalauan tersebut dengan mencari suasana di mana toleransi digaungkan. Dan salah satu sosok yang sering diangkat adalah tokoh Gus Dur. Sehingga muncul istilah-istilah seperti "Rindu Gus Dur", "Mengimpikan Sosok Gus Dur" dan seterusnya. Setidak-tidaknya, dengan mengingat kembali semangat toleransi dalam diri Gus Dur bisa menjadi penghiburan atau setidak-tidaknya menjadi pemicu menghilangnya ketakutan intoleransi semakin merajai negeri kita yang kita cintai ini.

Namun demikian tidak sedikit juga orang kurang mengenal dan tidak terlalu paham mengenai pikiran-pikiran, sikap dan tindak-tanduk sang tokoh ini. Mungkin sebagian orang mengetahui Gus Dur karena ia pernah menjadi presiden ke 4. Atau mungkin yang mereka pernah mendengar bahwa Gus Dur merupakan tokoh NU yang sangat disegani dan sederet kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh K. H. Abdurrahman Wahid ini.

Nah, bagi mereka yang hanya mengenal lamat-lamat mengenai kehidupan Gus Dur, maka ada baiknya untuk membuka buku karya luar biasa dari penulis dari Kajian Asia Universitas Deakin, Australia bernama Greg Barton ini. Tentu saja menurut pengamatan saya, buku yang menjadi International Bestseller ini dipastikan isinya sangat obyektif bukan karena sang penulis orang asing, tapi lebih dari itu sebenarnya buku ini benar-benar menjelaskan siapa sebenarnya seorang Abdurrahman Wahid yang memiliki banyak kelebihan di samping juga ada kekurangannya.

Mungkin karena itu juga sang penulis yang ingin menggunakan keobyektifannya dalam melihat tokoh yang ditulisnya itu juga yang membuat Greg Berton mengalami tekanan emosi yang disebutnya sangat besar, dan bahkan juga frustasi serta putus asa yang luar biasa ketika tokoh Gus Dur yang lama dikenalnya itu dianggap melakukan kesalahan serius. Nah, apa saja yang bisa dilihat oleh Greg Berton dari kehidupan Gus Dur?

loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates