<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/04/mahatma-gandhi-agama-dan-keyakinannya.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/3176904705674576536/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimOi8zfz7Yw6nLtJjl0BbnArLw32bsooHCw0qbAe_rDZ1bP3XnnORNjAhAT_-SK8h_nWtPGKzbd8dEzw4M-Uc2hRsnGXm6wjLo2N16rPmrxxgeejmjZGizM_p6_YbV1VjYCMC5Cm5kWK6LkOJhaoA1cxCvp2wGz_yom1O7tMudAetW6_Ggk2hc1iGb/s320/3387028667_f4dff1278a_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/04/mahatma-gandhi-agama-dan-keyakinannya.html' property='og:url'/> <meta content='Agama Mahatma Gandhi' property='og:title'/> <meta content='Mencari Makna Hidup Lewat Buku Best Seller' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimOi8zfz7Yw6nLtJjl0BbnArLw32bsooHCw0qbAe_rDZ1bP3XnnORNjAhAT_-SK8h_nWtPGKzbd8dEzw4M-Uc2hRsnGXm6wjLo2N16rPmrxxgeejmjZGizM_p6_YbV1VjYCMC5Cm5kWK6LkOJhaoA1cxCvp2wGz_yom1O7tMudAetW6_Ggk2hc1iGb/w1200-h630-p-k-no-nu/3387028667_f4dff1278a_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Agama Mahatma Gandhi - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Agama Mahatma Gandhi - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Agama Mahatma Gandhi


Ketika Mahatma Gandhi membaca Kitab Perjanjian Baru ia sangat terkesan dan merasa bersemangat. Secara khusus ketika sampai pada Injil Matius 5:39-40. Ia tertarik untuk mempelajari dan merenungkan. Berbeda ketika membaca Perjanjian Lama, semangatnya hilang  karena sulit untuk dimengerti.

Perkenalan Mahatma Gandhi dengan kekristenan itu terjadi ketika dirinya menuntut ilmu hukum di Inggris. Dari situ dia berkenalan dengan banyak orang Kristen. Mengenai figur Yesus Kristus, dirinya sangat menghormatiNya. Penilaiannya tentang tokoh yang disanjung oleh orang-orang Kristen itu adalah sabar, pemaaf, lembut, ramah dan penuh cinta kasih.

Ketika Mahatma Gandhi tinggal di Afrika Selatan sebagai seorang pengacara tahun 1893-1915 ia sangat menikmati persahabatan yang erat dengan banyak orang Kristen. Bahkan orang-orang Kristen itu sering mengundangnya ke persekutuan-persekutuan doa. Dan pada saat di Afrika Selatan itu pula Gandhi sangat terkesima dengan uraian penulis Kristen terkenal dari Rusia yaitu Leo Tolstoy mengenai cinta damai yang dihubungkan dengan kaum miskin. Melalui karya Tolstoy tersebut Gandhi menangkap pesan yang sangat kuat sekali mengenai hukum cinta kasih dengan pengertian penolakan absolut atas tindakan kekerasan dalam segala bentuk. 

Sebuah buku menarik untuk dibahas mengenai perjalanan kehidupan keyakinan Mahatma Gandhi yang tertuang dalam buku berjudul: Gandhi on Christianity. Buku ini ditulis oleh: Robert Ellsberg (ed.) dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Lovie Lenny Pristiani & Agung Gunansyah. Buku ini diterbitkan oleh PT. LKiS, Pelangi Aksara Yogyakarta. Tahun terbit 2004.

Sebagai agama misi, kekristenan selalu memiliki gairah untuk menyampaikan ajarannya kepada semua orang. Termasuk bagaimana bisa "memenangkan" Mahatma Gandhi untuk bisa ditarik menjadi seorang Kristen. Peluang untuk membawa orang besar dari India tersebut sebenarnya terbuka lebar karena faktor interaksi yang mudah. Apalagi Mahatma Gandhi berada di luar wilayah lingkungannya. Sehingga orang-orang Kristen ketika itu bisa mendekati Gandhi dengan bebas dan menjadi jalan untuk menjelaskan bagaimana kekristenan itu bisa diterima oleh tokoh luar biasa ini. 

Dalam cover belakang buku ini disebutkan, Gandhi selalu dibujuk untuk masuk Kristen, namun ia tetap teguh dengan 'keimanan' Hindu yang telah dipeuknya sejak lahir. Inilah yang menjadi gambaran buku apik ini yang layak untuk dibaca. 

Bukan hanya berisi bagaimana proses pertemuan Gandhi dengan kekristenan, tapi lebih dari itu bagaimana ia memasuki pergumulan batin untuk mencari Tuhan yang dirasa nyaman untuk dipeluknya. Kenyamanan tentu tidak berhubungan dengan klaim kebenaran tertentu, tapi ha tersebut berhubungan dengan banyak aspek yang boleh dibilang rumit.
 

Penulis ingin melihat secara netral bagaimana seorang Gandhi yang dicatat dalam buku ini, digambarkan sebagai orang yang sebenarnya banyak bersinggungan dengan kekristenan dan bahkan ia sering mendalami Alkitab, mengikuti persekutuan Kristen, sampai-sampai muncul kritikan tajam terhadapnya yang disebut sebagai “seorang Kristen sembunyi-sembunyi."

Ia sendiri terkesima dengan Matius 5:39-40.“Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.”

Walaupun sampai akhir hayatnya ia menjadi penganut setia agama yang sejak kecil diikutinya yaitu Hindu. Mengapa?

Mahatma Gandhi sendiri sebenarnya tidak asing lagi dengan kekristenan sejak kecil. Persoalannya pemahaman tentang kekristenan yang dimiliki Mahatma Gandhi ketika anak-anak rupanya punya kesan yang buruk. Penyebabnya adalah ia menyaksikan orang-orang India yang menjadi Kristen diharuskan meninggalkan kebudayaan mereka dengan menerima “daging dan minuman keras”. Daging tentu saja menjadi pantangan di kaumnya, dan kemudian minuman keras yang dimaksud adalah anggur.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.