Selasa, 07 April 2020

loading...

Minggu ini umat Kristen dan Katolik dalam memasuki Paskah biasanya diperingati dengan penuh kekhusukan dan sebagian lagi biasanya melakukan acara-acara sakral yang menunjukkan bahwa Paskah adalah momen penting dan menjadi bagian dari kegiatan tahunan berupa upacara Kristen. Tapi sayang, tahun 2020 ini menjadi Paskah yang gelap. Mungkin tidak ada anak-anak yang melakukan acara mencari telur, atau misa-misa yang penuh dengan khidmat. Lagu-lagu mengenang penderitaan dan kematian Yesus Kristus mungkin tidak akan dinyanyikan secara bersamaan di sebuah tempat pertemuan raya. Ia Paskah tahun ini menjadi Paskah yang gelap. Beberapa gereja memang melakukan ibadah di rumah masing-masing setelah adanya himbauan dan ketetapan pemerintah guna memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan tidak melakukan pertemuan orang dalam skala besar.

Sebagai bentuk keprihatinan tersebut idebuku.com ingin mengulas buku Kristen yang mungkin bisa menjadi penyemangat sekaligus pengharapan ketika kita berada dalam masa-masa yang tidak menyenangkan seperti sekarang ini. Buku yang akan saya lihat ini berjudul; Jangan Kamu Takut! Karangan: Meraih Kemenangan Besar dalam Perlindungan-Nya oleh Billy Joe Daugherty yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI, Yogyakarta, Tahun 2014. Tebal dari buku ini 192 halaman.

Buku ini menjadi perlu untuk dibaca ketika kita berada dalam situasi yang bagi sebagian orang mungkin menjadi menakutkan seperti sekarang ini. Memang kita diingatkan oleh banyak orang supaya kita jangan sampai panik, tapi tetap menjaga diri supaya tidak sampai tertular oleh coronavirus tersebut. Mengutip apa yang disampaikan oleh Presiden Franklin Roosevelt yang mengatakan, Tidak ada hal yang perlu ditakutkan selain ketakutan itu sendiri, buku ini seperti menjadi sebuah peringatan yang menantang supaya kita jangan sampai terlena dengan ketakutan itu sendiri. Karena bila ketakutan sudah menjadi teror, maka ketakutan tersebut menjadi daya penghancur kita untuk bisa berharap kepada Tuhan. Ketakutan bisa menghancurkan kehidupan banyak orang dan mengambil semua harapan yang ada. Ketakutan bisa menjadi lebih mematikan dari penyakit apapun termasuk tentu virus Corona.

Penulis buku ini yang merupakan pendeta The Victory Christian Center, Tulsa, Oklahoma ini mengungkapkan begitu banyak kisah di mana orang-orang mengalami kuasa supranatural dan dilepaskan dari situasi yang mengerikan tapi akhirnya mengalami kemenangan besar karena sanggup melewatinya. Cara kerja ketakutan itu sendiri dimulai dari imajinasi dan hal itu terus bekerja dalam pikiran dan berdampak kepada bagian-bagian tubuh kita seperti, jantung berdebar, tangan berkeringat dan bahkan pemikiran sampai tidak masuk akal. Ketakutan kita bisa saja mendapat tambahan ketika hal tersebut dibentuk oleh pembicaraan orang, atau juga bisa jadi dengan berbagai berita, baik yang benar bahkan bisa juga melalui berita hoaks yang mana kita sudah tidak sanggup lagi untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar.

Akhirnya, setiap orang bisa saja mengalami ketakutan seperti sekarang ini. Tapi juga setiap orang juga punya keputusan, apakah menuruti ketakutan itu sendiri atau malah kita menolaknya. Billy Joe mengungkapkan bagaimana firman Tuhan dalam Alkitab begitu banyak memberikan arahan kepada kita ketika kita berada dalam situasi takut. Tidak sedikit firman Tuhan yang menyatakan dengan jelas di mana Tuhan berkata, JANGAN TAKUT! Jadi Selamat Paskah, sekalipun Paskah tahun ini menjadi Paskah yang gelap bagi yang merayakannya, tapi pesan buku ini jelas, Jangan Takut. Mari kita bangun diri kita untuk melihat harapan bahwa Tuhan akan menolong kita, menolong bangsa Indonesia, menolong dunia yang sekarang sedang dilanda oleh virus Corona. Semoga!

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates