Selasa, 02 Februari 2021

loading...


Satu hal yang saya tangkap dari buku luar biasa ini adalah, prinsip Google yang dianalisa oleh penulis buku ini yang seorang Blogger yang bisa menjadi prinsip hidup kita. Sikap bermanfaat bagi pelanggan, bukan berpikir, pelanggan pasti butuh saya. Inilah prinsip yang disampaikan oleh penulis dengan menganalisa apa saja yang akan dilakukan oleh Google termasuk dalam masa-masa mendatang. Sebagai sebuah perusahaan raksasa yang sampai saat ini tiada tanding memang sejak awal pendiriannya memiliki prinsip-prinsip di mana menghadapi masa depan itu haruslah dihadapi degan cara berpikir baru. Tidak merasa nyaman dengan yang sudah ada, dan berleha-leha dengan status quo. Termasuk ketika kita melihat dan mengembangkan bisnis, prinsip penting adalah bagaimana untuk terus berinovasi dengan hal-hal yang baru, bukan hanya sekedar melakukan apa yang sudah ada. Buku yang sangat berharga dan sayang bila dilewatkan.

Judul           : What Would Google Do?

Penulis        : Jeff Jarvis

Penerbit      : Ufuk

Tahun          : Jakarta, 2010

Buku ini sebenarnya lebih tepat kalau dikatagorikan sebagai buku bisnis, karena memang di dalamnya berbicara mengenai bagaimana sikap perusahaan terhadap masa depannya termasuk bagaimana memperlakukan pihak lain, entah itu partner, pelanggan atau apapun yang bersinggungan dengan perusahaan. 

Terus terang buku ini seperti manjadi penyemangat kembali bagi admin untuk terus berkarya dalam menggunakan media blog khususnya blogspot. Karena ternyata pengaruh media, termasuk blog memiliki efek yang luar biasa. Apalagi bila dilakukan dengan serius. Selain juga sisi ekonomi di mana dari blog bisa meraup untung dengan pemasangan iklan milik Google maupun adnow dan semacamnya.

Tidak perduli dengan para Blogger sebuah perusahaan akan naif. Mungkin sekarang ada Facebook, dan media sosial lainnya yang bisa menjadi cara untuk mempengaruhi pihak lain sehingga bisa meningkatkan publikasi internet yang tentu publikasi yang positif. Sebaliknya bila tidak perduli dengan pihak lain dan menganggap bahwa perusahaannya kokoh tak tertandingi, maka hati-hatilah bila suatu saat ada gangguan di mana publikasi negatif melalui internet muncul, maka bisa jadi itu akan mempengaruhi perusahaan tersebut. Setidak-tidaknya penulis mengerti betul bagaimana pengaruh sebuah tulisan yang diunggah di blog benar-benar bisa mengubah gerak dan langkah perusahaan komputer terkenal yaitu Dell.

Dari ketidakpedulian terhadap informasi di internet dari manapun datangnya itu menjadi sangat penting. Bagaimana menanggapi sebuah persoalan yang dialami oleh pelanggan. Mencari tahu apa yang menjadi keluhan pelanggan, semuanya bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Dalam hal ini Google menjadi perusahaan yang terus berusaha berbenah untuk menyongsong esok hari.

Buku ini ingin berbicara mengenai bagaimana melihat dunia dan perkembangannya dengan cara berbeda. Google sebagai mesin pencari seperti raja 'serba tahu' apa yang menjadi keinginan semua orang dengan berbagai katagori pengetahuan apapun. Dalam dunia internet web, dia menjadi raja yang sampai saat ini sulit tertandingi, termasuk perusahaan-perusahaan yang berkecimpung di dunia yang sama. Sebenarnya Google sendiri tidak memproduksi informasi itu sendiri, tapi Google hanya penyedia 'tempat' bertemunya mereka yang mencari informasi dengan mereka yang penyedia informasi itu sendiri.

Akhirnya, karena banyak point penting yang disimpan dalam buku ini, maka sebaiknya buku ini dibaca. Kiat-kiat yang bisa ditangkap dalam setiap gagasan, akan menambah wawasan bagaimana mendapatkan keberhasilan yang bisa dipelajari dari Google, tapi juga kita bisa mempertahankan sebuah kesuksesan dengan kiat-kiat berarti juga dari pesan buku ini.


Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates