Rabu, 03 Februari 2021

loading...

 

Setiap memasuki Hari Valentine (Valentine Day) sebagian orang menggunanakan momen tersebut untuk mengutarakan cinta dan kasih saya kepada orang lain. entah itu kekasih, istri, keluarga dan orang-orang yang sangat berarti di dalam hidup seseorang. Memaknai Hari Valentine yang memiliki dua versi yaitu versi St. Valentine dan Claudius II di mana Caludius II kaisar yang kejam yang ingin memiliki tentara yang kuat sehingga melarang tentaranya memiliki istri, dan Valentine hadir menantang hal tersebut. Versi kedua adalah adanya Festival Lupercalia dalam tradisi Roma kuno yang dihubungkan dengan hubungan seks. Karena dianggap tidak menunjukkan tidak bermoral, maka akhirnya diubah menjadi penghormatan kepada Dewi Kesuburan. Makanya terkadang Valentine Day menjadi polemik bagi sebagian orang.

Terlepas dari polemik tersebut, namun sebenarnya kita bisa memaknai sebuah Valentine Day sebagai momen yang bisa dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi tema dari perayaan itu sendiri yaitu Cinta dan kekuatannya. Nah, redaksi Idebuku.com mencoba untuk memilih sebuah buku yang tampilan sampul depannya penuh dengan tulisan dan tentu saja berwarna merah membara, seperti lambang cinta yang sangat membara.

Buku             : Don't Sweat the Small Stuff in Love (Jangan Meributkan Masalah Kecil dengan Pasangan Anda

Penulis          : Richard Carlson, PhD dan Kristine Carlson

Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tahun            : Tahun 2009 (Cetakan sembilan)

Halaman        : 281 halaman

Dalam perjalanan sebuah hubungan tentu saja tidak hanya dilewati dengan keindahan dan keserasian satu dengan yang lain. Bagaimanapun cocoknya hubungan tersebut. Pastilah di tengah jalan ada saja onak duri dan rintangan yang menyertainya. Terkadang onak duri dan rintangan itu menjadi bumbu tapi juga bisa menjadi penghalang bagi keberlangsungan hubungan tersebut. Menjadi bumbu ketika rintangan itu dihadapinya dengan cara-cara yang baik, tapi bisa menjadi racun yang mematikan bila kita menyikapinya dengan keliru.

Ricard dan Kristine Carlson menyiapkan 100 kiat yang bisa menjadi formula bagi keberlangsungan hubungan itu sendiri sehingga rintangan dan tantangan itu bukan menjadi penghalang, tapi justru menjadi sebuah pelajaran yang baik untuk menata kembali hubungan itu supaya menjadi lebih baik. Cara-cara sederhana yang ditawarkan oleh penulis buku bagus ini bertujuan supaya menghindari kebiasaan-kebiasaan keseharian kita yang bisa menjadi ancaman kehancuran hubungan itu sendiri.

Memang kita sering kali menjadikan sebuah romantisme di cerita-cerita fiksi serta sinetron yang kita tonton menjadi ukuran dan kebenaran yang kita bangun bahwa hubungan itu diangankan seperti cerita-cerita tersebut. Tapi ketika kita praktek langsung maka saat-saat muncul sakit hati, rasa amarah, rasa tidak aman, cemburu, tersinggung, orang ketiga dan deretan-deretan tantangan yang bisa menjadi pemicu munculnya friksi dan konflik dalam hubungan tersebut.
 
Hal ini bukan saja terbatas bagi mereka yang sudah lama menjalin hubungan itu sendiri, tapi bahkan dalam hubungan yang baru dibangun saja bisa saja dihinggapi rasa kebingungan karena pasangan kita yang kita cintai berubah total dalam menghadapi respon kita. Maka buku luar biasa ini bisa menjadi hadiah menarik dan berharga bagi kita sendiri.
Contohnya saja ketika kita membangun komunikasi, penulis memberikan tips, Gunakan cara pasangan untuk berkomunikasi dengan pasangan. Hindari memberi ultimatum, Rumput di halaman tetangga tidak selalu lebih hijau, hindari kata-kata, "Aku cinta padamu, tapi....", Pikir dulu sebelum bicara, bersyukurlah selalu.
 
Menariknya adalah buku ini bukan ditujukan untuk pasangan kita, tapi kita sendiri. Maksudnya semua isi buku yang membahas 100 kiat memperkuat cinta ini bukan diperuntukkan untuk menjadi mesiu bagi pasangan kita, tapi untuk kita sendiri. Maka bila kita merasa pasangan kitalah yang menjadi persoalannya, maka bicaralah baik-baik dengan pasangan kita. Diskusikan isinya yang sangat berharga itu, maka semoga hubungan kita dengan pasangan terus meningkat lebih baik dan lebih baik. Semoga!


Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates