<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/09/berita-gempa-bumi-hari-ini-buku-gratis.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/6277360851439805973/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaKAGeCdEu_WVZHSJIotdUCkyTFQQXpOcdQj2fAFGqMoUd8cgVFI43v3B4Qk_8dI2AYq57fQnjW_CdTZdOuhTEd7HSdM_U-7IBC2y3S9EbshTBG-EJifXWylnYehADwzP0rknIQFHKEwK8N5PzGmWNy2UnmSr311eL4P56S1b2THytjaY3LbHdYxob/s320/21355955090_6bd0a081a2_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Ketahui Gempa Bumi Hari ini' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/09/berita-gempa-bumi-hari-ini-buku-gratis.html' property='og:url'/> <meta content='Berita Gempa Bumi Hari ini Terasa di Jakarta' property='og:title'/> <meta content='Ketahui Gempa Bumi Hari ini' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaKAGeCdEu_WVZHSJIotdUCkyTFQQXpOcdQj2fAFGqMoUd8cgVFI43v3B4Qk_8dI2AYq57fQnjW_CdTZdOuhTEd7HSdM_U-7IBC2y3S9EbshTBG-EJifXWylnYehADwzP0rknIQFHKEwK8N5PzGmWNy2UnmSr311eL4P56S1b2THytjaY3LbHdYxob/w1200-h630-p-k-no-nu/21355955090_6bd0a081a2_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Berita Gempa Bumi Hari ini Terasa di Jakarta - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Berita Gempa Bumi Hari ini Terasa di Jakarta - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Berita Gempa Bumi Hari ini Terasa di Jakarta

                                                    Foto Hanya ilustrasi Gempa


Baru terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,6 dirasakan oleh warga di sebagian wilayah Jakarta hari ini 21/11/2022. Banyak orang berhamburan ke luar gedung-gedung bertingkat untuk menyelamatkan diri. 

Menurut BMKG pusat gempa terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang terjadi pukul 13.21 WIB dengan kedalaman pusat gempat 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami, namun perlu diwaspadai adanya gempa susulan.

Berita gempa bumi dari BMKG hampir setiap hari mewartakan untuk diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ada yang menimbulkan tsunami tapi juga yang tidak berpotensi bencana tsunami. 

Gempa bumi sendiri terjadi akibat dari pergeseran lempeng bumi, atau adanya gerakan lempeng tektonik. Harap maklum hampir seluruh wilayah Indonesia sendiri berada di tiga pertemuan lempeng tektonik dunia yaitu Indo-Australia, Eurasia dan Pasifik. Kecuali Pulau Kalimantan yang aman dari gempa. Hal tersebut menunjukkan betapa penting kita mengetahui banyak hal mengenai kegempaan ini dan bagaimana bila hal tersebut menimpa wilayah kita?

Makanya hampir setiap saat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara rutin memberi update mengenai, berita gempa bumi hari ini terjadi di (menyebutkan wilayah yang sedang terkena musibah). Sebagai bagian dari penduduk yang berada di atas pertemuan 3 lempeng yang berpotensi terjadinya gempa bumi di berbagai wilayah kita, maka tentu kita setidaknya menyadari dan mempersiapkan berbagai hal bila musibah itu terjadi. Salah satunya adalah dengan mencari informasi berhubungan dengan kegempaan tersebut, serta bagaimana kita bertindak bila hal itu terjadi.

Kalau melihat daftar musibah gempa bumi yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia itu maka dengan mudah kita menyebutkan. Dari wilayah ujung barat yaitu Sabang sampai ujung Timur wilayah Papua dan NTT tidak luput dari musibah gempa bumi.

Nah, sebuah buku saku yang diluncurkan oleh BMKG dalam bentuk e-book bisa diunduh gratis oleh siapapun untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya gempa di masa-masa mendatang. Buku gratis itu diterbitkan oleh Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Kedeputian bidang Geofisika BMKG. Buku bisa diunduh DI SINI.

Buku ini menjadi sangat penting untuk kita baca karena dari buku saku ini kita bisa mendapatkan beberapa informasi penting mengenai gempa bumi. Beberapa informasi yang diungkap oleh buku ini mengenai bencana lindu tersebut dan mengapa hal itu bisa terjadi termasuk sering menimpa wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Semuanya dijelaskan dengan gamblang.

Tapi bukan hanya itu, buku ini menjadi penting ketika informasi yang diberikan tentang bagaimana kita sebagai penduduk yang punya potensi adanya gempa tersebut terjadi bisa berjaga-jaga. Ini penting supaya istilahnya kita tidak kaget bila terjadi gempa tersebut.

Berikutnya tidak kalah penting apabila kita sedang berada dalam situasi di mana gempa bumi itu terjadi. Buku ini dengan mudah dapat menjadi acuan, tindakan apa saja yang harus dilakukan ketiga kita berada dalam situasi gempa bumi terjadi.

Tidak lupa juga buku yang mudah dipelajari ini juga memberikan wawasan, apa saja yang bisa kita lakukan jika gempa bumi itu usai apa yang harus kita perbuat. Dan sebagai tambahan juga khususnya bagi mereka yang berada di pesisir pantai di mana bila gempa bumi hingga menimbulkan tsunami maka langkah-langkah yang harus dilakukan semuanya dijabarkan dengan sederhana di buku ini. 

Setidaknya, buku ini ibaratnya menyediakan payung sebelum hujan turun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.