Senin, 16 Desember 2019


Pemilihan judul buku yang ditulis pada tahun 1994 mengenai Tahun 2020 ini mungkin sengaja mengambil moment tahun yang berhenti di angka puluhan. Tapi sebelum Anda meneruskan membaca dan memutuskan membaca buku ini perlu diketahui juga kalau buku ini sebenarnya ingin berbicara mengenai perkiraan atau ramalan perkembangan ekonomi dunia di masa tahun 2020 ini berhubungan dengan keuangan internasional dengan persoalan-persoalannya.

Tapi sebenarnya buku ini lebih tepat sebagai sebuah perkiraan yang ditulis berdasarkan perkembangan yang terjadi tahun 90an dan kemungkinan kecenderungan perubahannya di masa mendatang dengan mengambil momen tahun 2020. Tapi namanya ramalan yang dibuat berdasar analisa ketika itu dan perkiraan di masa mendatang memiliki kelemahan tersendiri seperti yang diakui oleh penulis Hamish Mcrae karena bisa cacat dalam analisis dan tentu berpengaruh dengan perubahan global yang benar-benar besar.

Sementara fokus yang menjadi sasaran analisanya adalah negara-negara berkembang negara-negara berkembang di tahun 90an dan negara-negara yang mungkin akan berkembang  dalam 30 tahun kemudian tepatnya ketika masuk ke tahun 2020 atau sekarang ini. Dengan membagi peta ekonomi menjadi tiga kawasan yaitu ekonomi Amerika Utara, Eropa. dan Asia Timur.

Namun kalau Hamish Mcrae melihat perkembangan beberapa negara seperti India dan China yang ketika buku ini ditulis seperti diabaikan dengan menyebut bahwa hanya diangap penting tapi bukan pada bidang ekonominya tapi dianggap penting hanya pada bidang-bidang seperti  kemanusiaan, sosial dan politik. Bukan penghasil ekonomi. Memang benar seperti India yang diramalkan kalau Tahun 2020 belum dianggap menjadi kekuatan ekonomi besar dunia. Tapi ketika melihat Cina yang memang diramalkan menjadi kekuatan ekonomi besar, hanya saja lebih tidak merata daripada yang diperkirakan oleh banyak orang pada tahun 1991.

Penilaiannya tentu ada pada pembaca bagaimana membaca perkembangan ekonomi Cina yang begitu pesat dan bahkan dianggap sebagai sebuah kekuatan yang tidak bisa disepelekan.

Judul            : Dunia di Tahun 2020: Kekuasaan, Budaya dan Kemakmuran: Wawasan Tentang Masa Depan (Terjemahan dari The World in 2020)
Penulis         : Hamish McRae
Penerbit       : Binarupa Aksara
Tahun          : Jakarta, Tahun 1995
loading...

Ide Dari Buku . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates