<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2023/05/candi-borobudur-karya-fenomenal-umat.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/7909428514476457383/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzrZ13ebFp8aq6RvRMXQ19YhfOU-zpxDNP8B9thxAKSa-zbkzehqjDHD2d0QFhE5OjIFE0_cMf6SjuN-nPpF4Qi42G__iO2VHJjynOJEMkQZPuS9uSzbPhcJniq5C1yYNaejjPFTuXG76zyzU-yZ623yT2EYL2wcs-q5XW7KroE3tBWgW6QYLlMrXr/s320/Borobudur.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Umat Buddha Membangun Puluhan Situs Dunia' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2023/05/candi-borobudur-karya-fenomenal-umat.html' property='og:url'/> <meta content='Candi Borobudur Karya Fenomenal Umat Buddha' property='og:title'/> <meta content='Umat Buddha Membangun Puluhan Situs Dunia' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzrZ13ebFp8aq6RvRMXQ19YhfOU-zpxDNP8B9thxAKSa-zbkzehqjDHD2d0QFhE5OjIFE0_cMf6SjuN-nPpF4Qi42G__iO2VHJjynOJEMkQZPuS9uSzbPhcJniq5C1yYNaejjPFTuXG76zyzU-yZ623yT2EYL2wcs-q5XW7KroE3tBWgW6QYLlMrXr/w1200-h630-p-k-no-nu/Borobudur.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Candi Borobudur Karya Fenomenal Umat Buddha - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Candi Borobudur Karya Fenomenal Umat Buddha - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Candi Borobudur Karya Fenomenal Umat Buddha

Candi Borobudhur akan mendapat kunjungan puluhan Biksu yang telah berjalan kaki dari Thailand dengan menyusuri Malaysia, Singapore, Indonesia dan berakhir di Jawa Tengah bertepatan dengan Hari Suci Waisak tahun ini.

Candi Buddhis Borobudur ini sangat fenomenal, selain memiliki bangunan dengan arsitektur yang menawan yang menyerupai struktur piramida dengan hiasan pada dinding-dinding dengan relief yang akan membuat orang berdecak kagum. Bangunan seluas 2,500 meter persegi ini dikelilingi 72 stupa yang masing-masing berdiri patung Buddha. Dalam catatan sejarah Candi Borobudur ini dibangun pada abad 8-9 Masehi oleh Dinasti Syailendra yang menganut Agama Buddha. Candi ini dipugar dengan mendapat bantuan dari UNESCO tahun 1970.

Karya fenomenal umat Buddha yang mendapat pengakuan UNESCO  (The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization sebuah organisasi yang dibentuk oleh PBB, bukan hanya ada di Indonesia. Setidaknya ada 55 situs dunia di berbagai negara yang menjadi warisan dunia yang lahir dari tangan umat Buddha. Sebuah pencapaian yang luar biasa di mana situs-situs tersebut berdiri dengan disemangati oleh agama.

Sebuah buku yang mencatat semua warisan Buddhisme tersebut dicatat dengan baik dalam buku berikut ini:

Judul Buku    : 55 Situs Warisan Dunia Buddhis: UNESCO Buddhis World Heritage

Pengarang     : Sasanasena Seng Hansen

Penerbit        : Insight Vidyasena Production, Yogyakarta

Tahun Terbit  : 2014

Halaman       : x + 91 hlm.

Buku ini berisi catatan dan penjelasan serta didukung oleh visual berupa foto-foto yang menunjukkan daftar 55 warisan dunia yang tersebar di beberapa negara dan salah satunya adalah Candi Borobudur. Tentu saja untuk diketahui bahwa warisan dunia yang mendapat pengakuan UNESCO di dunia ini berjumlah 1007 (catatan terakhir 2014 di mana buku ini diterbitkan). Perinciannya 779 merupakan warisan budaya, 197 situs alam dan 31 campuran situs budaya dan alam.

Sebuah warisan dapat diakui sebagai sebuah warisan dunia tentu dengan seleksi yang sangat ketat dan melibatkan banyak ahli dan pihak sebagai penilai. Banyak kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah situs dimasukkan sebagai warisan dunia. Dan dari sekian banyak situs yang tersevar di seluruh dunia situs-situs yang masuk ke dalam kriteria warisan dunia yang bernuansa Buddhis ada di 19 negara berbeda di dunia ini. Dari jumlah 55 situs dengan bernuansa Buddhis tersebut artinya ada 5,5 % hasil karya umat Buddhis. Sementara negara terbanyak penyumbang warisan dunia bernuansa Buddhis tersebut adalah China sementara di Indonesia 1 buah yaitu Candi Borobudur.

Adapun daftar negara dan jumlah warisan dunia yang diakui oleh UNESCO dengan nuansa Buddhis: Afghanistan 1 Bangladesh 1 China 15 India 4 Indonesia 1 Jepang 8 Kamboja 2 Korea Selatan 4 Korea Utara 2 Laos 1 Mongolia 1 Myanmar 1 Nepal 2 Pakistan 2 Sri Lanka 5 Thailand 2 Vietnam 2 Cross border (China, Kazakhstan, Kyrgystan) 1

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.