<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.idebuku.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.idebuku.com/2022/11/krisis-dunia-dan-solusi-dari-tokoh.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - RSS" href="https://www.idebuku.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/5529713767079432659/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik - Atom" href="https://www.idebuku.com/feeds/4013241454339833573/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpRsNscCTrMdNGbc0pjcgre7j-6QcVi8l5EQe87LR2wfroxscbs9z4YqYoMQ2uEmXfz3JDu9znQYkMZraziaFHJyxqdpLdIryz0_hJap_j3TVSYa68dppfKTayYn9ubtOdtkUPOmlssqy--hMEjl3xmh5LbUVdB_THfxG6bzDw8OVQEx3KdoTE0jZE/s320/4131104265_8158b1b5e0_w(1).jpg' rel='image_src'/> <meta content='Di Bagian Mana Agama Bisa Menjadi Solusi dari Krisis Global' name='description'/> <meta content='https://www.idebuku.com/2022/11/krisis-dunia-dan-solusi-dari-tokoh.html' property='og:url'/> <meta content='Krisis Dunia dan Solusi dari Kehadiran Agama' property='og:title'/> <meta content='Di Bagian Mana Agama Bisa Menjadi Solusi dari Krisis Global' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpRsNscCTrMdNGbc0pjcgre7j-6QcVi8l5EQe87LR2wfroxscbs9z4YqYoMQ2uEmXfz3JDu9znQYkMZraziaFHJyxqdpLdIryz0_hJap_j3TVSYa68dppfKTayYn9ubtOdtkUPOmlssqy--hMEjl3xmh5LbUVdB_THfxG6bzDw8OVQEx3KdoTE0jZE/w1200-h630-p-k-no-nu/4131104265_8158b1b5e0_w(1).jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Krisis Dunia dan Solusi dari Kehadiran Agama - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik Krisis Dunia dan Solusi dari Kehadiran Agama - Berbagi Ide dari Buku untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Krisis Dunia dan Solusi dari Kehadiran Agama


Dalam Konfrensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua Bali untuk pertama kalinya secara resmi memasukkan diskusi bagaimana agama-agama besar dunia dilibatkan untuk turut menangani masalah-masalah global sebagai bagian Acara Utama (Main Event).

Dalam rangkaian acaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi pembicara di depan para pemimpin agama dunia dalam Forum Religion Twenty (R20) yang merupakan rangkaian kegiatan G20 tersebut. Tujuan memasukkan agama-agama dunia ini ingin menunjukkan bahwa agama hadir sebagai solusi bukan sebagai sumber masalah di abad 21 ini.

Memang ada yang menyangsikan peranan agama itu sendiri sebagai solusi bagi krisis global yang bisa saja muncul dalam waktu-waktu ke depan? Bukankah agama selama ini tidak lepas dari munculnya berbagai kekerasan di berbagai tempat? Jangankan memikirkan bagaimana peran agama dalam menanggulangi krisis, agama sendiri sering dituduh memunculnya kelompok-kelompok yang melahirkan saktarian?

Justru di sinilah agama punya peran penting untuk masa depan guna menciptakan ketenangan dan kenyamanan bagi semua pihak sehingga bisa lebih serius untuk menanggulangi krisis global yang akan datang. Makanya pemimpin agama menjadi bagian yang cukup penting untuk membentuk umatnya supaya turut menciptakan ketenangan.


Sebuah buku menarik yang dipilih dalam kesempatan kali ini datang dari sebuah buku yang diterbitkan oleh Penerbit Neratja Press, berjudul: Krisis Dunia dan Jalan Menuju Perdamaian. Pengarangnya adalah Mirza Masroor Ahmad seorang Imam dan Pemimpin Internasional Jemaat Muslim Ahmadiyah, Khilafatul Masih V. Buku ini sebenarnya terjemahan dari buku aslinya berjudul; World Crisis and Pathway to Peace yang diterbitkan oleh Islam International Publications Ltd.

Buku ini sebenarnya berisi semua pdato yang disampaikan di berbagai tempat di berbagai belahan dunia yang kalau kita telaah isinya mengenai ajakan untuk menciptakan perdamaian dunia. Dan bahkan dari buku ini berbagai masukan yang cukup berarti supaya tidak terjadi adanya p*erang dunia ketiga. Makanya pesan-pesan yang disampaikan cukup positif untuk turut menciptakan perdamaian dunia di masa mendatang.

Berbagai pidato yang kemudian dibukukan ini disampaikan kepada berbagai kalangan dan tokoh dunia. Seperti ketika ia diundang untuk menyampaikan pidato kepada parlemen Belgia di Brussel dengan mengambil tema: "Kunci Perdamaian - Persatuan Dunia". 

Ketika penulis diundang oleh Konggres Amerika Serikat pada Juni 2012, ia menyampaikan pidatonya di Capitol Hill, Whasington, D.C dengan judul; "Jalan Menuju Perdamaian - Hubungan Antar Bangsa." Sebuah pesan positif kepada tokoh-tokoh dunia untuk menciptakan kedamaian bagi dunia dengan membangun hubungan satu dengan yang lain di antara bangsa-bangsa.

Tapi kembali kepada peran agama bagi krisis dunia yang bisa saja terjadi di masa mendatang penulis seperti pada pidatonya kepada Parlemen Inggris di The House of Commons yang secara khusus berbicara mengenai bagaimana agama bisa berperan dalam menanggulangi krisis dunia. Solusinya adalah agama bisa menciptakan kedamaian dan perdamaian bagi dunia yang dilanda berbagai peperangan.

Rupanya selain usaha-usaha menyebarkan perdamaian melalui berbagai pidatonya, penulis juga menggunakan usaha lainnya yaitu dengan berkirim surat surat kepada para pemimpin negara yang berpengaruh, seperti kepada pemimpin tertinggi Katholik Paus Benedictus XVI. Serta surat-surat lain yang dikirim dan dicatat dalam buku ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.